(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Apakah anda pernah mendengar nama Embung Nglanggeran ? Mungkin nama ini masih asing bagi kebanyakan kita. Embung atau Telaga Nglanggeran berada di Bukit Gandu yang merupakan sebuah telaga buatan seluas 0,34 hektare, dengan ketinggian 495 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata ini tepatnya terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2013 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Telaga ini berfungsi untuk menampung air hujan dan dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani pada saat musim kemarau.

Embung Nglanggeran yang kini jadi destinasi wisata (Foto: Handoko/ Kontributor Beritadaerah)

Awal mulanya daerah Nglanggeran ini merupakan sebuah perbukitan, namun oleh pemerintah bukit tersebut diubah menjadi sebuah telaga yang berada tepat di atas bukit. Saat ini Embung Nglanggeran merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Yogjakarta maupun wisatawan dari berbagai kota lainnya.

Lokasi Embung Nglanggeran berada di Gunung Api Purba, sehingga berada di ketinggian dimana kita dapat menyaksikan pemandangan yang indah dari ketinggian. Selain itu telaga Embung Nglanggeran dikelilingi oleh perkebunan buah yang ditanam oleh penduduk sekitar. Saat pagi hari, wisatawan bisa menyaksikan keindahan matahari terbit, walau panorama telaga dengan latar lembah hijau tampak berkabut. Dan di sore hari wisatawan bisa menikmati indahnya sunset atau matahari terbenam yang terlihat sangat memukau untuk diabadikan dengan jepretan kamera. Keindahan telaga ini semakin cantik dengan adanya taman bunga warna-warni yang mengelilingi area telaga. Dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dari Gunung Api Purba Nglanggeran membuat telaga Embung Nglanggeran ini terlihat sangat mempesona.

Dari Embung Nglanggeran yang berada di Bukit Gandu, kita bisa menikmati pemandangan Gunung Api Purba Nglanggeran. Dimana di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran, terdapat gunung lainnya seperti Gunung Kelir, Gunung Bongos, Gunung Buchu, Gunung Gedhe dan Gunung Blencong.

Tebing raksasa yang mengelilingi Embung Nglanggeran (Foto: Handoko/ Kontributor Beritadaerah)

Saat berada di sekitar embung, wisatawan dapat menyaksikan deretan dinding-dinding tebing raksasa. Tebing-tebing itu merupakan deretan gunung api purba yang ada di kawasan Nglanggeran. Di sisi utara, tampak batuan yang eksotis dengan penampilan Embung Nglanggeran yang terlihat bagai kolam raksasa. Sementara di sisi selatan, hamparan Kabupaten Gunung Kidul tampak membentang begitu luas.

Di era new normal ini, pengelola tempat wisata Embung Nglanggeran melaksanakan SOP protokol kesehatan yaitu  mewajibkan pengunjung memakai masker, melakukan tes suhu badan dengan thermogun pada pengunjung dan mengingatkan agar tetap menjaga jarak. Juga menyediakan kran air lengkap dengan sabun cair untuk cuci tangan yang tersebar di banyak tempat di lokasi wisata ini.

Debbie Kusuma/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.