Kantor Bank di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Foto: Han/BD)

Indonesia Memiliki 110 Bank Berdasarkan Kepemilikan Modal

(Beritadaerah – Nasional) Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Survei Lembaga Keuangan 2019 yang mencakup lima jenis kegiatan Lembaga Keuangan, yaitu: perusahaan pembiayaan dan modal ventura, dana pensiun, pegadaian, perusahaan pedagang valuta asing, dan koperasi simpan pinjam. Hasil survei tersebut telah dipublikasikan oleh BPS pada tanggal 19 Oktober 2020.

Dalam survei tersebut untuk sistem perbankan di Indonesia, bank dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Kedua jenis bank tersebut dapat melakukan kegiatan sebagai perbankan konvensional dan perbankan syariah.

Sedangkan berdasarkan kepemilikan modalnya, Bank Umum dikelompokkan ke dalam 6 jenis, yakni Bank Persero, Bank Umum Swasta Nasional Devisa (BUSN Devisa), Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa (BUSN Non Devisa), Bank Pembangunan Daerah (BPD), Bank Campuran, dan Bank Asing.

Tabel : Jumlah Bank di Indonesia Menurut Kelompok Kepemilikan Modal (Sumber: BPS)

Dari tabel diatas terlihat bahwa pada 2019, jumlah bank umum di Indonesia telah menyusut 5 bank menjadi 110 bank. Penurunan jumlah bank ini terjadi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa sebanyak 1 bank, Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa sebanyak 2 bank, Bank Campuran sebanyak 1 bank, dan Bank Asing sebanyak 1 bank. Sedangkan pada Bank Persero dan BPD jumlah banknya tetap.

Untuk Bank Persero, merupakan bank yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia dan akte pendiriannya maupun modal sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah, sehingga keuntungannya dimiliki oleh pemerintah pula. Ada empat Bank Persero di Indonesia yakni Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Dari 6 jenis bank tersebut, Bank Persero memiliki kantor bank terbanyak yakni 17.621 kantor atau 56,6% dari total kantor bank di Indonesia. Sedangkan Bank Umum Swasta Nasional Devisa memiliki 8.229 kantor atau 26,4% dari total kantor bank di Indonesia.

Semantara itu untuk Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa ada 546 kantor atau 1,8% dari total kantor bank di Indonesia, Bank Campuran ada 299 kantor atau 1% dari total kantor bank di Indonesia, dan Bank Asing ada 36 kantor atau 0.1% dari total kantor bank di Indonesia.

Untuk BPD yang merupakan bank umum dimana kepemilikan sahamnya di miliki oleh Pemerintah Provinsi di berbagai daerah pada saat ini ada 27 bank dan memiliki kantor bank sebanyak 4.396 kantor atau 14,1% dari total kantor bank di Indonesia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu