(Beritadaerah – Nasional) Kampanye edukasi penggunaan masker diluncurkan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) selaku operator Jalan Tol Surabaya-Mojokerto. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan anjuran Pemerintah Jawa Timur yang sangat mengingatkak penggunaan masker kepada seluruh lapisan masyarakat demi mencegah penyebaran penularan Covid-19.

Kampanye edukasi tersebut dilakukan dengan memasang sticker dalam bentuk masker yang diaplikasikan di kendaraan operasional jalan tol yaitu Mobile Customer Service (MCS). Supaya kampanye ini lebih mengena pada seluruh masyarakat Jawa Timur, maka PT JSM juga menggunakan kampanye dengan menggunakan bahasa Jawa “Ayo Nggawe Masker Rek” dengan harapan sosialisasi ini semakin berjalan efektif.

Peluncuran perdana kampanye edukasi masker kendaraan operasional ini dilaksanakan di kantor PT JSM pada hari Selasa (20/10). Sangat diharapkan pemasangan sticker ini akan mengingatkan masyarakat khususnya bagi pengguna jalan yang melintas di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto akan pentingnya penggunaan masker saat ini. Harapan dari PT JSM adalah para pengguna jalan akan lebih patuh dalam memenuhi protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker. Melalui kampanye ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menekan pencegahan penularan Covid-19, khususnya di Jawa Timur.

Tentunya penggunaan sticker masker di kendaraan operasional ini tidak mengganggu identitas dari kendaraan tersebut sehingga pengguna jalan tetap dapat mengenali kendaraan tersebut adalah pelayanan Jasa Marga jika ditemui di ruas jalan tol. Semua ciri khas kendaraan operasional dari Jasa Marga ini masih terlihat jelas fisik kendaraannya. Sehingga apabila para pengguna membutuhkan bantuan di jalan tol Jasa Marga Group akan dapat mengenali kendaraan operasional tersebut.

Selain itu PT JSM juga akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya serta PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), anak usaha Jasa Marga yang bergerak di operasional jalan tol, untuk dapat berkoordinasi di ruas jalan tol lainnya sehingga program kampanye ini akan lebih masif dan efektif. Tentunya jika semakin banyak kampanye sticker masker yang dipasang di berbagai jenis kendaraan operasional maka akan semakin efektif lagi dampaknya bagi pengguna jalan, terlebih lagi jika di seluruh wilayah dapat menerapkan hal ini.

Jasa Marga juga menghimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara. Selain itu informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080.