(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Banyak kekayaan alam yang dapat kita temui di negeri tercinta, dan salah satunya adalah Gunung Kelam. Ya, Gunung Kelam terletak di Kota Sintang provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di kecamatan Kelam Permai di Hutan wisata Bukit Kelam. Mungkin masih banyak yang belum pernah menginjakkan kaki di gunung ini. Gunung ini membentang dengan ketinggian 1.002 mdpl dan terlihat seperti bongkahan batu raksasa (monolit).

Gunung Kelam di Sintang, Kalimantan Barat (Foto: Mariani/ Kontributor Beritadaerah)

Gunung Kelam merupakan salah satu habitat yang dikenal paling penting di dunia untuk tanaman kantong semar. Terdapat sekitar 14 spesies kantong semar yang berbeda di gunung ini, salah satunya yang endemik adalah Nepenthes Clipeata yang sampai saat ini dianggap menjadi yang paling terancam punah dari semua jenis kantong semar.

Tanaman kantong semar tumbuh di sisi tebing granit vertikal pada ketinggian antara 500 dan 800 meter. Sebagian besar tanaman kantong semar tumbuh di sudut-sudut jelas dari gunung yang sulit dijangkau. Selain kantong semar di Gunung Kelam terdapat juga Anggrek hitam.

Nephentes Picture (Foto: Unsplash)

Sedangkan untuk fauna disini dilaporkan masih terdapat beruang madu, trenggiling. Burung walet juga terdapat pada gua-gua di kawasan gunung Kelam.

Masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai Bukit Kelam dan menjadi icon bagi Kota Sintang. Untuk pendakian terdapat dua jalur untuk mencapai puncak gunung Kelam. Jalur pendakian tidak terlalu sulit karena kemiringan 15-40 derajat dan waktu yang diperlukan adalah sekitar 4 jam. Alternatif lain, jika ingin lebih cepat sampai anda dapat juga menggunakan anak tangga yang tersedia dengan kemiringan 90 derajat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Sesampainya dipuncak, anda akan merasa puas dengan keindahan yang dapat anda lihat dan saksikan, terbayar sudah jarak dan waktu tempuh.

Ria Felisa/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani