(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Salah satu buah yang unik dan memiliki banyak khasiat untuk dibuat menjadi jus adalah buah terong belanda. Walaupun namanya mungkin sama-sama memakai kata “terong”, namun kenyataannya terong belanda sama sekali berbeda dari terong hijau atau ungu yang kerap kita kenal sebagai salah satu sayuran lalapan. Terong belanda, yang memiliki nama lain tamarillo, adalah buah dari keluarga terong yang berwarna merah atau kuning jingga.

Di Indonesia, buah ini dinamakan terong belanda karena pertama kali dikenalkan dan dibudidayakan oleh orang Belanda pada zaman penjajahan dulu. Aslinya buah ini berasal dari Amerika Tengah. Bentuknya lonjong hampir menyerupai telur. Sekalipun kulit luarnya terasa pahit, tetapi daging buah terong belanda ini sangat segar jika mengandung banyak air. Jika diolah menjadi jus atau sop buah rasanya sangat segar dan bisa dikombinasikan dengan buah buah lainnya, misalnya pisang atau jambu.

Buah terong belanda ini sangat tepat dikonsumsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh supaya tidak mudah sakit, mengatasi panas dalam, anti penuaan bahkan juga dapat mencegah penyakit kanker. Karena buah ini kaya akan vitamin seperti vitamin C, E, vitamin A, antioksidan dan juga mengandung banyak nutrisi di dalamnya.

About The Author

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Related Posts