(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kali ini kami mengajak pembaca berkunjung ke daerah Bangka Belitung atau sering disebut Babel. Selain memiliki pemandangan alam khususnya pantai yang indah, Babel merupakan salah satu daerah wisata di Indonesia yang memiliki makanan yang kaya dengan cita rasa  ikan.  Bagi yang senang dengan olahan ikan, maka pasti suka makanan khas dari daerah Babel ini.

Yuk, mari kita mengenal apa saja makanannya:

  1. Sambal Lingkung

Sambal lingkung adalah abon ikan terbuat dari daging ikan yang sudah direbus dan dihaluskan kemudian dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu lainnya.  Sangat enak bila dimakan dengan nasi hangat atau dijadikan isi roti dan bakpao.

  1. Mie Koba

Mie Koba adalah mie kua ikan.  Mie ini sangat unik karena kuahnya terbuat dari kuah ikan tenggiri dengan campuran bawang putih, jahe, cengkeh, pala dan ketumbar. Untuk menghilangkan aroma ikan dan menambah cita rasa segar biasanya ditambahkan dengan perasan jeruk kunci.

  1. Otak-otak Bangka

Otak-otak Bangka adalah makanan pepes ikan dari Bangka yang terbuat dari daging ikan dihaluskan, diberi tepung tapioka, santan dan bumbu-bumbu kemudian dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar.  Bedanya dengan otak-otak daerah lain, otak-otak Bangka berukuran kecil.

  1. Lempah Kuning

Lempah Kuning adalah masakan berkuah dengan bahan dasar ikan laut seperti ikan tenggiri, kakap merah, tuna atau ikan lainnya dan kuah kuning dari kunyit dengan potongan nanas serta cabe.  Rasanya segar, pedas dan enak. Mengenal Aneka Makanan Lezat Dari Daerah Bangka Belitung

Sambal Rusip, Sambal Tradisional Khas Bangka (Foto: Junita/ Kontributor Beritadaerah)

  1. Sambal Rusip

Sambalnya tidak menyerupai sambal pada umumnya yang terbuat dari cabe namun sambal ini sangat unik karena terbuat dari ikan teri yang difermentasikan kemudian dicampur dengan jeruk kunci, cabai dan bawang merah.  Rasanya asam manis dan aroma yang kuat, enak dimakan dengan lalapan.

Foto: Elfi Manao/ Kontributor Beritadaerah

Elfi Manao/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts