(Beritadaerah – Jakarta) Perkembangan industri kelapa sawit di Tanah Air saat ini mengalami pertumbuhan setiap tahunnya, peningkatan terjadi baik luas area maupun produksi kelapa sawit seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat serta ekspor. Hasil dari kelapa sawit menghasilkan crude palm oil (CPO). Produksi CPO di Indonesia sangat besar dan digunakan sebagai bahan baku produk-produk minyak baik untuk makanan maupun non makanan.

Menurut buku statistik kelapa sawit yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian dan Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pada Tahun 2018, luas area perkebunan kelapa sawit tercacat mencapai 14.326.350 hektare. Untuk tahun 2019, luas area perkebunan kelapa sawit mencapai 14.724.420 hektare dan tahun 2020 mencapai 14.996.010 hektare.

Dari data statistik, sebaran area perkebunan kelapa sawit yang paling luas ada di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan. Hal ini menjadikan kedua wilayah tersebut sebagai penghasil CPO terbesar di Indonesia.

Menurut data, Pulau Sumatera tahun 2018, memiliki luas lahan perkebunan kelapa sawit terbesar dibandingkan dengan pulau lainnya di Indonesia. Total luas areal perkebunan kelapa sawit di Pulau Sumatera mencapai 8.047.920 hektare. Setelah itu Pulau Kalimantan, yang pada tahun 2018 memiliki perkebunan kelapa sawit terluas kedua di Indonesia dengan total perkebunan mencapai 5.588.075 hektare. Sebagian besar perkebunannya berada di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Berikut ini provinsi yang memiliki area perkebunan kelapa sawit terluas pada tahun 2018 – 2020 di Indonesia. Yang pertama adalah Provinsi Riau, dan urutan kedua yakni Provinsi Kalimantan Barat. Posisi ketiga yakni Provinsi Kalimantan Tengah dan posisi keempat yakni Provinsi Sumatera Utara. Terakhir diposisi kelima yakni Provinsi Kalimantan Timur.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts