Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin (Foto: BPMI)

Ketua Satgas PEN: “Saya Cerita Angka, Mereka Cerita Manfaat”

(Beritadaerah – Nasional) Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin, hari ini (Rabu, 7/10) memberikan keterangan pers secara virtual mendampingi Menteri Koperasi UKM.

Mengawali penyampaian update penyerapan dana, Budi Gunadi mengucapkan terima kasih atas Kerjasama yang sangat baik dengan kementerian dan Lembaga terkait sehingga penyaluran dana PEN naik sinifikan pada kuartal ketiga tahun ini.

Budi menyampaikan paparan yang menunjukkan data akselerasi pencairan dana dalam 3 bulan terakhir yakni Juli 2020 sebesar 147,7 trilun rupiah, Agustus 2020 sebesar 211,6 triliun rupiah dan September sebesar 238,5 triliun rupiah atau 45,8% dari pagu.

“Secara total sudah 318,5 triliun yang kita salurkan sejak didirikannya Satgas ini di 20 Juli 2020 dari total target 695,2 triliun dan kita berdoa mudah-mudahan di kuartal ketiga ini bisa memberikan kontribusi yang cukup baik terhadap pertumbuhan ekonomi kita di kuartal ketiga”, ungkap Budi Gunadi.

Paparan berikutnya menunjukkan jika dilihat detailnya,  dari 6 program pemerintah dimana 4 diantaranya merupakan fokus khusus PEN, mengalami kenaikan signifikan, kecuali pembiayaan korporasi yang masih nol. Diharapkan Sebagian besar dapat ter-realisasi di kuartal 4.

Sedangkan jika dilihat data mingguan, maka akan nampak akselerasi yang terjadi dalam 2 bulan terakhir, dan kenaikan tertinggi ada di perlindungan sosial dan UMKM.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Satgas PEN menyampaikan apresiasinya kepada Menteri Koperasi UKM Teten Masduki yang berhasil mencairkan dana bantuan dengan kenaikan signifikan. Selain itu, terkai pesan Presiden Joko Widodo kepada para pelaku usaha di Labuan Bajo beberapa waktu lalu agar tetap mempertahankan usahanya, Budi Gunadi menampilkan tayangan video dari salah satu penerima banpres.

Disampaikan oleh Budi Gunadi bahwa sudah banyak diskusi dan data mengenai penyerapan anggaran disampaikan pemerintah, kini saatnya untuk mendengarkan bagaimana manfaat banpres tersebut bagi penerima.

“Selama ini saya sudah sering tampil untuk menceritakan angka kepada teman-teman, mungkin saatnya sekarang para penerima bercerita mengenai manfaatnya bagi mereka”, kata Budi lalu menampilkan video testimoni pelaku usaha UMKM jamu yang menerima banpres modal kerja sebesar 2,4 juta rupiah.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani