Pelatihan Wirausaha Siapkan SDM Pariwisata di Likupang (Foto: Kemkominfo)

Destinasi Super Prioritas Likupang Siapkan SDM Wisata Melalui Pelatihan Wirausaha

(Beritadaerah – Industri Jasa) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyelenggarakan Pelatihan Wirausaha Baru Bagi Pengrajin di daerah wisata Likupang dan sekitarnya.

Pelatihan Wirausaha ini dalam rangka mendukung Program Pembangunan Pariwisata pada 5 Destinasi Super Prioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, salah satunya adalah Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perhubungan, Endang Budi Karya mengapresiasi berbagai pihak yang telah bersinergi mendukung pengembangan kriya kerajinan Indonesia. Jadi di tengah pandemi Covid-19 masih bisa membangun negeri, melestarikan, serta mengembangkan produk-produk kerajinan berbasis sumber daya alam, tradisi dan warisan budaya.

Diharapkan semua elemen pelaku usaha kerajinan lebih peduli dan kreatif di era industri 4.0, salah satunya dengan mendukung sektor pendidikan non formal atau vokasi untuk menyesuaikan kurikulum pendidikan dengan tantangan dan kebutuhan di era sekarang.

“Kurikulum ini dimaksudkan untuk membuka akses bagi masyarakat guna mendapatkan ilmu dan pelatihan bidang kriya untuk menjadi wirausahawan atau wirausahawati yang kompetitif dan produktif untuk mewujudkan produsen yang cerdas berbasis teknologi,” ucapnya, Selasa (6/10/2020).

Dekranas mendorong pemasaran produk kerajinan dengan platform online agar dapat memperluas pemasaran produknya. Juga perlu adanya peningkatan kualitas desain dan kemasan produk agar sesuai dengan selera pasar untuk menembus pasar global.

Wilayah Likupang cukup besar, jarak dan infrastruktur masih menjadi kendala bagi pengrajin di daerah ini. Oleh karena itu pelatihan kerajinan rakyat, pendidikan kecakapan wirausaha, dan digitalisasi kewirausahaan untuk mendukung pariwisata super prioritas Likupang akan menjadi sangat penting.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani