(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kepulauan Derawan merupakan sebuah destinasi wisata yang terletak di kepulauan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari yang sangat menawan, misalnya keindahan sun rise di pesisir pantai, menikmati pantai yang bersih dan indah, Taman Bawah Laut dengan beragam ikan dan terumbu karang yang berwarna warni, bermain dengan tukik (anak penyu) yang membuat suasana liburan menjadi sangat menyenangkan.

Suasana senja dengan keindahan yang menakjubkan di Kepulauan Derawan (Foto: Irma Indiah DP/ Kontributor Beritadaerah)

Saat pertama kali menginjakan kaki disini, wisatawan langsung bertemu dengan hamparan pasir putih yang sangat mempesona. Birunya air laut yang membentang, berkilauan karena pantulan sinar matahari membuat semua mata yang memandang tidak beranjak dari tempatnya. Terlebih bagi mereka yang memiliki hobby fotografi bak menemukan surga yang selalu mereka cari. Setiap tempat menjadi spot yang indah untuk diabadikan. Ditambah lagi dengan karang dan hewan laut yang beranekaragam yang bisa dilihat langsung.

Namun keindahan Pantai Derawan bukan hanya pemandangan yang sangat memanjakan mata saja. Masih ada lagi kegiatan yang lebih menantang yang bisa dilakukan disini. Spot diving dan snorkeling menjadi salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bagi pemburu view alam bawah air kegiatan ini pasti akan menjadi kegiatan yang paling dinantikan. Diving dan snorkeling di tengah-tengah birunya air laut yang sangat mempesona. Dan di alam bawah air kita dapat menyaksikan taman laut yang berwarna-warni.

Padang lamun (rumput-rumputan yang tumbuh di dasar laut) dan hutan bakau (mangrove) merupakan pemandangan tersendiri yang menarik dapat kita temui di kepulauan Derawan.
Kegiatan lain yang sangat menarik dan bisa dilakukan para wisatawan di malam hari adalah berburu penyu hijau karena disini ada penangkaran penyu hijau. Wisatawan bisa melihat bagaimana proses penyu hijau bertelur hingga telur itu menetas. Biasanya penyu-penyu ini akan menetas setelah 50 hari. Jangan lewatkan momen berfoto dengan tukik, bayi penyu yang sangat lucu. Suku Bajou adalah penduduk asli kepulauan Derawan. Keramahan suku Bajou sangat natural. Disini wisatawan bisa merasakan bagaimana akrabnya mereka dengan para wisatawan. Seperti layaknya saudara jauh yang sudah lama tidak bertemu, demikianlah keakraban yang terjalin dengan penduduk kepulauan Derawan. Suatu kenangan yang pasti akan terukir lama dalam hati dan benak siapapun.

Kemilau keemasan dalam suasana senja di Kepulauan Derawan (Foto: Irma Indiah DP/ Kontributor Beritadaerah)

Lalu bagaimanakan supaya kita tiba di sana? Bagi para traveler perjalanan menuju pulau Derawan sangat mengasyikkan. Masih belum ada penerbangan langsung menuju Kepulauan Derawan ini. Perjalanan dilakukan dengan pesawat biasa dari Jakarta – Balikpapan. Kemudian dari Balikpapan menuju Tanjung Redeb dilanjutkan dengan pesawat kecil. Tiba di Tanjung Redeb perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat menuju Kepulauan Derawan.

Keindahan yang Menakjubkan di Kepulauan Derawan (Foto: Irma Indiah DP/ Kontributor Beritadaerah)

Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Timur sedang mempromosikan kepulauan Derawan ini sebagai salah satu destinasi wisata andalan. Untuk itu pemda dan pemprov Kalimantan Timur sudah memfasilitas komunikasi di Kepulauan Derawan supaya terjangkau dengan sinyal 3G.

Resort dan tempat penginapan banyak tersebar di pinggir pantai kepulauan Derawan. Harganya lebih murah bila dibandingkan dengan tempat wisata di Bali maupun di Lombok.

Pada masa Pandemi kepulauan Derawan diputuskan terbuka khusus bagi Warga Kalimantan Timur. Dalam waktu dekat dipastikan objek wisata di Berau mulai dibuka kembali bagi turis lokal dan mancanegara dengan protokol kesehatan sesuai SOP.

 

Irma Indiah DP/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts