(Beritadaerah – Jawa Tengah) Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Provinsi Jawa Tengah. Dieng berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah Barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Keindahan pemandangan alam Dieng yang dikelilingi oleh pegunungan demikian mempesona. Selain itu udara pegunungan di Dieng juga sangat sejuk, karena berada pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari.

Batu Pandang Dieng (Foto: Handoko/ Kontributor Beritadaerah)

Dari atas ketinggian Dieng kita bisa memandang kawasan permukiman yang berselimutkan kabut, bagai di atas awan. Kawasan permukiman yang berselimut kabut akan tampak begitu indah dipandang di saat pagi hari.

Selain itu kawasan Dieng Wonosobo memiliki pesona tersendiri berupa 5 telaga dengan panorama alam yang luar biasa cantik.

Telaga Warna di Dieng (Foto: Handoko/ Kontributor Beritadaerah)

Telaga Warna, sebuah telaga yang sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung, Telaga Pengilon, yang letaknya bersebelahan persis dengan Telaga Warna, uniknya warna air di telaga ini bening seperti tidak tercampur belerang. Keunikan lain yaitu yang membatasi Telaga Warna dengan Telaga Pengilon hanyalah rerumputan yang terbentuk seperti rawa kecil. Telaga Merdada merupakan yang terbesar di antara telaga yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Airnya yang tidak pernah surut dijadikan sebagai pengairan untuk ladang pertanian. Telaga ini juga digunakan untuk memancing ikan oleh warga setempat. Pengunjung kawasan ini bisa berkeliling dengan perahu kecil mengelilingi Telaga Warna.

Selain Telaga Warna kita dapat menemui Telaga Menjer. Area tercantik untuk menikmati keindahan telaga ini adalah dari Bukit Seroja Wonosobo. Bukit Seroja berada di desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Pesona Bukit Seroja di Dieng (Foto: Handoko/ Kontributor Beritadaerah)

Perjalanan menuju Bukit Seroja Wonosobo, kita dapat menikmati hamparan hijau perkebunan teh di sebelah kanan dan telaga di sebelah kiri. Dari atas Bukit Seroja yang berada tepat di sisi Telaga Menjer ini, kita bisa menikmati keindahan telaga dari atas. Dikelilingi perbukitan dan panorama Gunung Sindoro yang menawan.

Di masa pandemi Covid-19, wisata alam Dieng kembali dibuka, dengan jumlah wisatawan yang dibatasi. Selain itu wisatawan harus melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Pengelola juga menerapkan protokol khusus yang harus dipatuhi para wisatawan seperti dilarang menyentuh benda yang rawan dipegang orang, seperti di area pintu masuk. Dan ada petugas yang disiagakan untuk memberikan peringatan dengan pengeras suara agar wisatawan menaati protokol kesehatan.

Debbie Kusuma/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani