(Photo: Kemenkeu)

Wamenkeu di AFMM: Indonesia Tetap Fokus Pada Masalah Kesehatan

(Beritadaerah – Nasional) Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara dalam pertemuan The Business Council (ASEAN-BAC, EU-ABC, US-ABC) – ASEAN Finance Ministers’ Meeting (AFMM) and Central Bank Governors’ Meeting menyampaikan bahwa pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, Indonesia fokus pada masalah kesehatan karena kesehatan adalah isu utama selama pandemi. Berita tentang vaksin membuat semua orang bersemangat untuk menantikan ketersediaannya di masa depan sehingga pembiayaan kesehatan sangat penting di masa depan.

“Indonesia sangat menantikan kemajuan perkembangan dari dunia kesehatan dan karena kita berbicara tentang kesehatan saya juga ingin menarik perhatian dunia mengenai masalah pendidikan sebab sekitar dalam 6 bulan terakhir ini kita mengubah tata cara pendidikan untuk generasi penerus kita akibat pandemi Covid dan kita harus antisipasi dampaknya ke depannya,” demikian diungkapkan oleh Wamenkeu dalam pertemuan yang dilakukan secara secara video conference pada hari Jum’at (02/10)

Wamenkeu menambahkan Indonesia juga memastikan bahwa kebijakan fiskal dan moneter yang tepat sasaran di sektor kesehatan selain itu Indonesia juga memberikan sejumlah stimulus dan insentif untuk sektor pariwisata dan juga sektor transportasi dimana sektor ini juga sangat terdampak oleh Covid-19, tetapi usaha pemulihan ini akan jauh lebih efektif dengan beberapa jenis vaksin atau obat-obatan yang tersedia untuk mengatasi Covid dimana seluruh dunia menantikannya.

“Di sisi lain, Indonesia juga memiliki regulasi investasi. Ini untuk perampingan perizinan usaha dan regulasi, dan sebagainya. Kami juga menempatkan ekosistem logistik nasional (NLE) yang mengefektifkan semua platform logistik di Indonesia, ini semua upaya kami mengatasi dampak Covid terhadap perekonomian,” Wamenkeu menutupnya.