(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Pantai Pink Labuan Bajo berada di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Saat ini juga sudah ada maspakai dari Jakarta yang langsung bertujuan ke Labuan Bajo. Selain itu dari kota besar seperti Bali dan Surabaya juga memiliki penerbangan menuju Labuan Bajo. Dari Bandar Udara Labuan Bajo barulah dilanjutkan perjalanan menuju Pulau Komodo.

Pink Beach Labuan Bajo (Photo: Teddy/BD)

Para wisatawan diantarkan menuju Dermaga Loh Liang, Pulau Komodo dengan menggunakan jasa sewa kapal Labuan Bajo, yaitu speed boat. Perjalanan menggunakan speed boat memakan waktu lebih sedikit jika dibandingkan dengan trekking. Sekalipun trekking menuju spot ini cukup menarik. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan dan harus melewati tebing-tebing karang dan hutan bakau sekitar 4 jam.

Keindahan dan keunikan dari Pantai Pink ini adalah pasir pantainya yang berwarna pink sehingga Pantai Pink ini masuk ke dalam satu dari tujuh pantai unik di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink dan merupakan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink. Dari tujuh pantai di dunia dengan pasir berwarna merah muda, pantai Pink di Pulau Komodo ini termasuk yang memberikan lansekap memuaskan. Perpaduan antara pantai pasir merah muda, air laut jernih dan langit biru yang tak dimiliki oleh spot sejenis lainnya.

Pantai ini sangat indah. Karena pasir-pasirnya yang berwarna pink. Warna pink berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang kini menjadi pasir pantai.

Pink Beach Labuan Bajo (Photo: Teddy/BD)

Warna pink tidak hanya di satu titik saja, namun sepanjang garis pantai di Pulau Komodo memiliki warna pasir yang pink kemerahan. Hal ini membuktikan bahwa di wilayah ini terdapat hewan Foraminifera dalam jumlah yang cukup banyak. Pencampuran antara koral merah dan pasir kristal putih lah yang menyebabkan warnanya menjadi pink.

Ada aturan untuk mengunjungi Pantai Pink, yaitu kapal tidak boleh mendekati bibir pantai. Hal tersebut bertujuan agar keadaan koral tetap baik. Warna air yang jernih membuat koral dan ikan terlihat meski pengunjung hanya berjalan beberapa meter sajar dari riak-riak pantai. Jadi saat tiba di dekat pulau, maka wisatawan akan menaiki perahu yang dihubungkan menggunakan tali.

Pink Beach Labuan Bajo (Photo: Teddy/BD)

Bagi wisatawan yang menyukai snorkeling maka Pantai Pink ini adalah lokasi yang sangat tepat. Karena ada berbagai koral yang sangat indah di bawahnya, terdiri dari koral halus dan keras dengan berbagai macam warna yang cantik. Selain itu berbagai spesies ikan yang berwarna warni juga dapat ditemui ketika para wisatawan melakukan snorkeling di pantai Pink Labuan Bajo. Keindahan dan pesona Pantai Pink Labuan Bajo ini tidak akan terlupakan bagi setiap pengunjung yang datang.

About The Author

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Related Posts