(Beritadaerah – Jakarta) Virtual Duathlon Series Toba 2020 dengan tema destinasi wisata prioritas Danau Toba, Sumatera Utara yang telah berlangsung pada 25-27 September 2020, didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Event virtual ini diikuti oleh 216 orang peserta untuk kategori Super Sprint dan 282 untuk kategori Sprint, dimana peserta tidak hanya berasal dari dalam negeri namun juga internasional seperti Denmark dan Amerika Serikat.

Kemenparekraf  mengapresiasi terselenggaranya event virtual ini sebagai bagian dari promosi 5 destinasi prioritas pariwisata di tanah air, demikian pernyataan dari Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kemenparekraf/Baparekraf Rizki Handayani.

“Sebagai virtual sport event, Virtual Duathlon Series Toba 2020 diharapkan dapat berkontribusi dalam memperkenalkan potensi wisata olahraga di salah satu destinasi super prioritas Indonesia, yaitu Danau Toba dan peserta langsung dibawa ke sebuah dunia virtual 3D yang dibuat persis dengan lokasi riil di tepian Danau Toba,” ujar Rizki Handayani dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Selasa (29/9).

Rizki Handayani menjelaskan, Virtual Duathlon Series Toba 2020 merupakan salah satu proposal virtual event terbaik dari Program Virtual Event: Best Practices and Ideas yang diadakan oleh Kemenparekraf RI bekerja sama dengan Australian Marketing Institut (AMI) pada Mei 2020.

Para peserta yang mengikuti jalan-jalan secara virtual, dapat melakukan pembelian oleh-oleh secara online melalui virtual booth sehingga pengalaman yang diperoleh sangat beragam dan menarik. Selain race village bertema Toba, para peserta yang telah menyelesaikan lomba juga akan mendapatkan jersey dan medali bermotif Gorga (ukiran Batak Toba). Motif Gorga Sitompi ini dibuat khusus oleh Jesral Tambun, seniman muda yang karya-karyanya sudah dikenal luas oleh masyarakat Toba.

Sebelumnya, Direktur Komunikasi & Komersial ITS Kiki Taher pada saat pembukaan Virtual Duathlon Series Toba 2020 menjelaskan, dalam rangka tetap menghidupkan sport tourism di tengah pandemi COVID-19, setiap peserta VR Duathlon Series Toba bisa lari dan bersepeda di rute pilihan masing-masing.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts