Tol Cisumdawu (Foto: Kementerian PUPR)

Perkembangan Jalan Tol Cisumdawu – Jawa Barat

(Beritadaerah – Infrastruktur) Perkembangan Jalan tol Cisumdawu yang berada di wilayah Sirnamulya – Kecamatan Sumedang Utara – Jawa Barat di beberapa titik harus membelah dan melintasi bukit. Terpantau mulai dari pengerjaan Jatinangor ke Tanjungsari Rancakalong. Dibalik pengerjaan jalur jalan tol Cisumdawu dikerjakan dengan medan yang cukup berat ini, nantinya jalan ini bakal menjadi salah satu jalan tol terindah yang ada di Indonesia.

Dari wilayah Cikarang sampai ke wilayah Sirnamulya harus turun bukit, naik bukit. Pesona alam dan keindahan yang terlihat dari atas bukit Sinarmulya, Kota Sumedang dan juga terlihat jalur jalan tol Cisumdawu yang mengarah ke wilayah Kota Sumedang. Tol ini akan melalui jembatan Cinapel dan sebelum sampai ke Kota Sumedang.

Tol Cisumdawu merupakan akses untuk mencapai Bandara Kertajati, baik dari arah Cirebon maupun Bandung. Dibangun dengan skema KPBU atau Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha. Untuk membuat proyek ini layak investasi Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah untuk Viability Gap Fund (VGF). Ada enam Seksi, Cileunyi-Rancakalong Seksi 1, sepanjang 10,57 km, Rancakalong-Ciherang, Ciherang-Sumedang Seksi 2, 17,05. Sumedang-Cimalaka-Legok-Ujung Jaya-Dawuan sepanjang 32,65 km, Seksi 3 hingga Seksi 6. Bandung Kertajati akan ditempuh 1 jam saja yang semula harus ditempuh selama 3 jam saat jalan tol ini.