(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Jika Anda suka melakukan wisata kuliner, mencicipi makanan khas Betawi yang sangat terkenal akan kelezatan dan cita rasanya, bisa menjadi tujuan wisata kuliner Anda. Mari kita simak 5 kuliner Betawi yang lezat dan favorit.

1. Kerak Telur
Kerak Telur ini memiliki rasa gurih dan legit, ini merupakan makanan favorit Jakarta. Hidangan ini terbuat dari bahan makanan seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi yang disangrai kering sampai menjadi serundeng, lalu ditambah bawang goreng, kemudian diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai dan lainnya.
Yang unik dari kuliner ini adalah cara memasaknya. Telur dimasak ketika setengah matang akan dibalik wajannya menghadap panas arang dari anglo, lalu dibiarkan seperti itu sampai matang sehingga menjadi kerak. Hidangan ini enak dimakan saat masih panas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Nasi Uduk
Nasi Uduk adalah kuliner khas Betawi lainnya. Proses memasak nasi uduk adalah dengan diaron dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh yang digeprek, lalu dikukus sampai matang bisa menggunakan dandang atau rice cooker.
Nasi uduk Betawi biasanya disajikan dengan ditaburi bawang merah dengan lauk ayam goreng, tahu atau telor kecap, timun,kerupuk, sambal dan pelengkap lainnya serta daun kemangi. Rasanya yang nikmat menjadikan Nasi Uduk sebagai hidangan sarapan pagi bagi sebagian warga Jakarta.

3. Asinan Betawi
Asinan Betawi juga merupakan kuliner favorit Betawi. Asinan Betawi merupakan campuran dari kol, taoge, tahu putih, dan selada yang ditaburi dengan kacang tanah goreng. Semua itu disiram dengan kuah dari bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai dengan kerupuk mie besar berwarna kuning dan ditaburi kerupuk warna pink. Santapan khas Betawi ini banyak diminati orang karena rasanya yang enak dan segar, lagi pula tergolong sehat karena terdiri dari sayur-sayuran.

4. Semur Jengkol
Hidangan khas Betawi ini terkenal dengan baunya yang unik. Bagi sebagian orang bau jengkol dapat membuatnya tidak suka, tetapi untuk penggemar jengkol hidangan ini sangatlah digemari. Semur Jengkol adalah makanan khas Betawi yang perlu bumbu dan cara mengolah yang tepat untuk menghasilkan makanan nan lezat.
Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang biasanya disajikan dengan nasi putih hangat atau sebagai lauk pendamping nasi uduk.

5. Soto Betawi
Soto Betawi merupakan kuliner Betawi, kekhasan dari santapan ini adalah soto terbuat dari santan yang berisi irisan daging sapi, jeroan sapi seperti paru, usus, dan lain-lain atau bisa juga menggunakan daging ayam. Umumnya soto Betawi disajikan dengan emping dan acar ketimun. Banyak orang yang menggemari masakan ini karena rasanya yang gurih dan lezat. Penggemarnya bukan hanya warga Jakarta tetapi masyarakat lain yang berada di berbagai wilayah di Indonesia juga menggemari masakan ini.

Itulah beberapa masakan khas Betawi yang wajib Anda coba jika Anda melakukan wisata kuliner di Jakarta.

Foto: Beritadaerah

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts