(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) Sektor ekonomi di Bali tidak hanya bertumpu pada industri pariwisata namun juga sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Untuk itu beberapa kebijakan dan regulasi dipersiapkan pemerintah provinsi Bali untuk menjaga ekonomi Bali di tengah pandemi, dan mendukung geliat UMKM yang berperan penting bagi perekonomian Bali. Berbagai kebijakan yang dikeluarkan kembali Gubernur Bali Wayan Koster pada masa pandemi Covid-19 ini untuk mendukung sektor UMKM. Hal itu meliputi relaksasi pajak, kemudahan regulasi bantuan modal dan bantuan teknologi penerbangan ke Bali, dalam menjaga stabilitas perekonomian di Bali.

Selain itu Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan UMKM di Bali harus dibangun dari hulu hingga ke hilir yang berbasis pada potensi lokal Bali. Oleh karena itu pemerintah provinsi Bali di tengah masa pandemi telah berkomitmen untuk secara serius menjaga ekonomi kerakyatan di Bali. Hal yang akan gencar dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM di Bali sehingga ke depan dapat meringankan beban akibat dampak pandemi Covid- 19 ini.

Pentingnya melakukan upaya perubahan yang sesuai dengan perkembangan era normal baru. UMKM juga harus bergerak secara digital bagi pemasaran, maupun sistem pembayarannya, untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan menimalisasi kontak fisik secara langsung. Segala hal yang menjadi kebijakan tersebut dapat menjadi stabilitas dan menyiapkan perekonomian Bali menjadi lebih baik lagi.

 

 

About The Author

Editor in Chief Vibiz Media Network, Coordinating Partner of Business Advisory Vibiz Consulting.

Related Posts