(Berita Daerah – Jakarta) Tingginya angka orang yang terkena Covid-19 di DKI Jakarta pada hari Kamis 24 September 2020 sebanyak 1044 orang, menyebabkan pemerintah Prov. DKI Jakarta melalui suku dinas kesehatan melakukan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menekan atau menurunkan orang yang terkena virus Covid-19.

Salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga DKI untuk memakai masker, tidak berkerumunan diantara orang banyak, menjaga jarak dan sering-sering untuk mencuci tangan yang dihimbau melalui mobil puskesmas keliling yang ada di setiap kelurahan di DKI Jakarta. Terlihat di salah satu wilayah di Jakarta Barat ini, dengan hadirnya Puskesmas Keliling yang memberikan himbauan untuk menggunakan masker maka masyarakat segara bersiap menggunakannya.

Pusling atau Puskesmas Keliling sendiri selama ini berfungsi untuk memberikan Pelayanan Kesehatan yang dilakukan dengan mobile ke tempat atau wilayah dimana masyarakat berada. Kegiatannya berupa pelayanan pemeriksaan kesehatan oleh Dokter dan Perawat, serta dilakukan konseling dan penyuluhan sederhana, setelah diperiksa juga ada pemberian obat sesuai dengan indikasi dari hasil pemeriksaan dokter. Selama masa pandemi ini maka berfungsi untuk  berkeliling melakukan sosialisasi dan berikan himbauan kepada warga DKI.

Diharapkan dengan sosialisasi ini warga masyarakat DKI Jakarta semakin sadar pentingnya memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumunan supaya tidak terkena virus Covid-19 dan memutus mata rantai penularan virus Covid-19.