(Beritadaerah – Nasional) Peningkatan sumber daya manusia (SDM) sangat penting terhadap desa wisata yang saat ini dikembangkan oleh setiap daerah. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas SDM Desa Wisata Pemo di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pemerintah ingin agar Desa Wisata Pemo dapat mempersiapkan SDM sebagai salah satu faktor utama kesiapan menjadi desa wisata. Apalagi masing-masing desa memiliki potensi keindahan alam dan budaya sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Ende, demikian penjelasan dari Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf/Baparekraf Wawan Gunawan.

“Kami berkolaborasi dengan Kemendes PDTT untuk mengembangkan desa wisata dan masyarakatnya. Masing-masing desa memiliki daya tarik dan potensi wisata alam yang mengagumkan,” ujar Wawan dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Jumat (25/9).

Sementara itu Koordinator Area I Direktorat Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf Eddy Susilo, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa guna mensukseskan Desa Pemo sebagai desa wisata, masyarakat harus sepenuh hati serta saling bekerjasama guna dapat mensejahterakan Desa Pemo melalui pariwisata.

Eddy juga menambahkan bahwa dengan kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat agar dapat memperoleh hidup yang sejahtera melalui pariwisata. Masyarakat harus memiliki kesepahaman, pemikiran, serta kebersamaan dalam membangun pariwisata di Desa Pemo.

Sedangkan Kepala Desa Pemo, Xaverius Pemo, menyampaikan rasa terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini di desanya. Ia juga berharap dapat terus bekerjasama dengan pemerintah baik di kabupaten, provinsi serta pusat dalam mengembangkan Desa Pemo. Kedepan juga Kepala Desa berharap ada dukungan lain dari pemerintah untuk dapat menunjang faktor pendukung perkembangan desa.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan di Visitor Center Taman Nasional Kelimutu, Ende dengan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Moni, Fransiskus Rodja, Kepala Sub Direktorat Pariwisata Kemendes PDTT, Enny Indarti, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ende, Albert Yani, penggiat pariwisata Desa Wisata Pentingsari, Doto Yogantoro serta Penggiat Ekonomi Kreatif Ende, Valentinus Reku.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts