(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol lintas Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai (Permai), Riau, pada hari Jumat, 25 September 2020. Peresmian dilakukan secara virtual dari Istana Negara, Jakarta. Presiden dan jajaran lainnya mengikuti dari istana.

Acara peresmian di lokasi dipusatkan di Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai. Hadir langsung di lokasi peresmian proyek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono mewakili pemerintah.

“Tol ini sudah dapat beroperasi penuh. Jalan ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota provinsi Riau dengan Dumai sebagai kota industri perminyakan dan agribisnis yang maju,” ujar Presiden Jokowi lewat video conference.

Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) ini memiliki panjang 131,5 kilometer dengan biaya pembangunan proyek sebesar Rp12,18 triliun. Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer yang membentang melewati beberapa provinsi dari Lampung-Aceh.

Keunikan dari jalan tol ini adalah merupakan jalan tol pertama yang menyediakan terowongan satwa untuk perlintasan gajah Sumatera, di sejumlah wilayah yang memiliki komunitas hewan yang mulai langka ini.

Sedangkan untuk infrastruktur jalan tol, dibangun oleh PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera, dalam enam seksi yang melintasi empat kabupaten dan kota di Riau.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani