(Beritadaerah – NTB) Mandalika menurut Presiden Direktur ITDC, Abdulbar M Mansoer, yang ditonjolkan bukan budayanya, namun man made tourism, keindahan alam, serta sirkuitnya. Pembangunan kawasan Mandalika sudah dilakukan sejak 2016. Sedangkan Sirkuit Mandalika pertama kali dikerjakan pada September 2019. Sirkuit ini diperkirakan selesai pada Juni 2021 yang akan digunakan sebagai ajang MotoGP. Sirkuit sepanjang 4,31 kilometer ini sudah dalam taraf subgrade, atau pengerasan jalan. Masih ada beberapa lokasi sedang dalam proses penyelesaian, khususnya untuk pembebasan tanah. Mandalika dikerjakan oleh BUMN karya PP dengan nilai kontrak sebesar Rp. 900 miliar.

Saat ini Mandalika sudah diselesaikan 70 persen dari total rencana dan pekerjaan lanjutannya sedang terus dilakukan. Kawasan Mandalika juga sudah mempersiapkan infrastruktur untuk pembangunan kawasan wisata dan diperkirakan akan banyak investor yang akan segera bergabung menyongsong event MotoGP 2021.

ITDC sebagai pengelola Mandalika, berpengalaman dalam mengelola Nusa Dua Bali. Beberapa hal yang dilakukan di Nusa Dua akan dilakukan di Mandalika. Di Nusa Dua dikelola dengan menggunakan master plan dan perencanaan kelas dunia dan juga standar operasi yang ketat. Seperti kalau di Bali, kita tidak boleh membangun lebih dari empat lantai, kemudian semua hotel di dalam Nusa Dua itu harus melewati design committee dari ITDC, sehingga kita bisa menjaga keragaman penyesuaian dari desain sesuai fasilitas tanah. Perencanaan dan sistem operasional yang ketat akan diterapkan juga oleh ITDC di kawasan Mandalika.

About The Author

Editor in Chief Vibiz Media Network, Coordinating Partner of Business Advisory Vibiz Consulting.

Related Posts