(Beritadaerah – Jakarta) Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) mendapatkan pelatihan tentang pengetahuan digitalisasi usaha. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama Google Indonesia mendorong dan melatih UMKM dalam Gapura Digital Wonderful Indonesia agar dapat menentukan target bisnis dan sasaran yang tepat di masa pandemi COVID-19.

Dalam sambutannya saat membuka pelatihan online UMKM pariwisata yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Google Meet, Rabu (23/9), Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Regional II, yang mewakili Direktur PSDM Pariwisata Reza Rahmana Kaloka menjelaskan, pelatihan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia diharapkan akan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang digitalisasi usaha untuk para peserta.

“Manfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, para peserta dapat aktif memberikan pertanyaan dan berdiskusi dengan narasumber dalam setiap sesi pelatihan, diharapkan nantinya hasil pelatihan benar-benar bisa diimplementasikan dalam pengembangan usaha yang sedang dijalani,” ujar Reza dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Rabu (23/9).

Reza berharap Pelatihan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia mampu meningkatkan kompetensi pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi.

Sementara itu, Head of Public Affairs Asia Tenggara, Google, Ryan Rahardjo mengungkapkan Google berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia secara keseluruhan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, salah satunya dengan memberikan akses pelatihan digital secara gratis untuk para pelaku UMKM.

Terdapat 240 peserta terpilih, baik pelaku UMKM maupun pelajar, yang mengikuti program pelatihan online UMKM pariwisata Gapura Digital Wonderful Indonesia. Program ini akan dibagi menjadi 6 sesi kelas online pada periode waktu 23 September – 5 November 2020.

Dalam program pelatihan online UMKM pariwisata tersebut, para peserta akan mempelajari lima modul khusus bisnis pariwisata dari para fasilitator Gapura Digital yang berpengalaman, di antaranya membangun bisnis pariwisata online, membangun keberadaan online dan meningkatkan efisiensi bisnis, pemasaran digital untuk industri pariwisata, meningkatkan pemasaran digital dengan iklan dan analitik, dan pentingnya strategi rekrutmen di masa COVID-19.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts