Ilustrasi Sapi Potong (Foto: Kominfo)

BPTP Sulawesi Tengah Tingkatkan Hasil Sapi Potong

(Beritadaerah – Sulawesi Tengah) BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Sulawesi Tengah terus mendampingi kelompok peternak dan petani dengan berbagai kegiatan yang dilakukan terutama di dalam pendampingan teknologi.

Kelompok Karya Bersama yang berlokasi di Desa Sausu Torono menjadi salah satu kelompok yang didampingi oleh BPTP. Selama 7 tahun didampingi, kelompok ini sudah menghasilkan banyak prestasi. Kelompok ini memiliki ruang lingkup kerja sebagai kelompok pembibitan dan penggemukan sapi potong jenis lokal dan impor. Termasuk usaha pupuk organik dari limbah peternakan.

Kelompok Karya Bersama berdiri sejak 6 Mei 2013 dengan dukungan BPTP Sulawesi Tengah. Kelompok ini beranggotakan 18 orang, sampai sekarang masih belum berganti dan belum bertambah. Kelompok ini mengadakan peternakan sapi yaitu sapi potong. Kedua kelompok ini kegiatannya antara lain satu minggu sekali mengolah kotoran padat atau kompos organik. Satu bulan sekali mengadakan pertemuan rutin membahas masalah kemajuan-kemajuan kelompok. Tiap tahun ikut lomba kontes ternak di provinsi Sulawesi Tengah dan menjadi juara mewakili Kabupaten Parigi Moutong.