(Berita Daerah-Nasional) Rumah Sakit Sentra Medika yang terletak di Jalan Ir Soekarno, Desa Maumbi, Kecamatan Kalawat, secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Sabtu (29/09/2020).

Mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Gubernur berterima kasih karena sudah berpartisipasi dalam rangka pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat yang ada di Sulut. Terutama khususnya yang ada di Minahasa Utara.

Gubernur menyampaikan apresiasinya kepada pihak RS Sentra Medika yang mau membangun di bidang kesehatan di Sulut di tengah kondisi ekonomi yang sedang terdampak. Gubernur mendukung penuh upaya RS Sentra Medika memajukan sektor kesehatan di Sulut.

“Pemprov tentu akan beri dukungan penuh atas investasi bapak di Sulut, baik diperizinan dan hal-hal lain. Karena tugas pemerintah adalah bagaimana memberikan pelayanan ke masyarakat yang mau membantu untuk masyarakat yang lain,” ungkapnya.

Gubernur juga optimis RS Sentra Medika dapat menjadi RS pilihan bagi masyarakat hingga dari negara lain karena keunggulan baik infrastruktur maupun pelayanannya.

RS Kelas B pertama di Minut bertaraf international ini berdiri di atas lahan 45.390 m², dengan bangunan seluas 35.500 m², 5 lantai, 1 lantai basement dan lahan parkir luas.

Pada tahap awal akan membuka kapasitas 200 tempat tidur, dan diharapkan membuka kapasitas penuh lebih dari 550 tempat tidur.

Center of Excellence atau Layanan Unggulan yang dimiliki oleh RS Sentra Medika ditunjang oleh “state of art medical technology” atau peralatan medis teknologi modern diantaranya adalah Cardiovascular & Neuroscience Center, Comprehensive Radiology & Imaging Center, Dialysis Center, Urology Center (ESWL), Sentra Medika Hospital Eye Center, Stroke Center, TBC Center, Infertility Center Medical Rehabilitation Center dan Endoscopy & Laparoscopy.

RS Sentra Medika juga mendukung penanganan pengendalian infeksi Covid-19 dengan menyediakan 47 ruangan Isolasi Covid-19 dan alur pelayanan rumah sakit yang memperhatikan protokol kesehatan yang nyaman dan aman tidak tercampur dengan alur pasien Covid-19

Founder Sentra Medika Group, Drg. Suherman Widyatomo, lewat sambutannya mengatakan dibangun Sentra Medika Hospital International di Minahasa Utara (Minut) karena ingin membantu pemerintah dalam pelayanan kesehatan.

Menurutnya, Sentra Medika Hospital International dapat digunakan sebagai layanan kesehatan rujukan bagi puskesmas dan rumah sakit sekitar.

“Kami juga siap bekerja sama dengan lembaga pendidikan untuk melahirkan tenaga kesehatan yang handal,” katanya.

Bila pemerintah dan pihak terkait mendukung, Sentra Medika Hospital International akan berupaya naik level dari dari tipe B ke tipe A, sambungnya.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopimda Sulut, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Direktur RSUP Prof Kandouw dr Jemmy Panelewen, Rektor Unsrat Manado Prof Ellen Kumaat, para karyawan RS Sentra Medika dan tamu undangan lainnya.

Joey/Journalist/BD
Editor: Joseph Batubara

About The Author

Editor in Chief Beritadaerah

Related Posts