(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan survei kepada berbagai sektor usaha dengan 34.599 responden. Hasil dari survei yang dilakukan pada pertengahan Juli 2020 lalu ada tiga bentuk adaptasi yang dilakukan baik usaha mikro kecil menengah dan usaha menengah besar. Yakni pengurangan jam kerja, diversifikasi usaha, dan pemasaran secara online.

Diversifikasi yang terakhir ini paling banyak dilakukan oleh pelaku bisnis hampir seluruh responden baik skala UMK maupun UMB. Pebisnis banyak melakukan menjalankan pemasaran secara daring, tentunya ini menjadi konsekuensi, saat kita semua menjaga kesehatan dengan menjaga jarak. Sektor usaha yang paling banyak melakukan diversifikasi usaha mereka adalah yang bergerak di bidang industri pengolahan akomodasi dan makan minum serta perdagangan dan reparasi kendaraan.

Bentuknya mulai dari menambah produk bidang usaha hingga lokasi bisnis. Supaya mesin uang tetap berjalan dan tak mati suri untuk beradaptasi dengan pada pandemi Covid-19 ini. sejalan dengan optimisme menghadapi iklim bisnis ke depan, kita lihat pelaku bisnis yang yakin perusahaan nya akan bertahan lebih dari 3 bulan lebih banyak datang dari perusahaan yang melakukan diversifikasi. Sebanyak 45,19% dari usaha yang tak beradaptasi banyak yang gelisah, apakah usaha mereka mampu bertahan di masa pandemi tanpa bantuan.