(Beritadaerah – Infrastruktur) Pemerintah Indonesia memiliki sejumlah destinasi wisata prioritas yakni kawasan pariwisata yang dikenal dengan sebutan Bali baru. Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) ini ditujukan untuk meningkatkan pariwisata Indonesia pada level internasional.

Ini adalah sektor andalan untuk meraup devisa sekaligus juga membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal Danau Toba di Sumatera Utara yang merupakan salah satu dari deretan magnet bagi pariwisata Indonesia. Pesona Danau Toba membuat pemerintah menetapkannya sebagai salah satu dari 10 Bali Baru, yang menjadikan danau terbesar di Indonesia ini sebagai destinasi wisata berskala internasional.

Kementerian PUPR telah mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur sebesar Rp 821 miliar pada 2019 dan Rp. 2,4 triliun pada tahun 2020 ini. Salah satunya untuk pembangunan jalan lingkar Samosir. PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 2 Medan telah melakukan observasi dan pelebaran jalan lingkar Pulau Samosir sepanjang 146 km, yang pelaksanaannya dalam kurun 3 tahun antara 2016 hingga 2019.