Lima Danau Terpopuler di Pulau Sumatera

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Pulau Sumatera dengan luas sebesar 443.065 km2 adalah pulau terbesar ketiga di Indonesia setelah pulau Papua dan Kalimantan. Pulau Sumatera memiliki sejumlah destinasi wisata alam menarik untuk dikunjungi, salah satu destinasi wisata yang paling populer adalah wisata danau.

Berikut ini adalah lima danau terpopuler di Pulau Sumatera yang memiliki pemandangan alam yang indah, dan sering dikunjungi oleh wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

1. Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar dengan luas sebesar 70 km2 ini berlokasi di Daratan Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Danau ini merupakan danau jenis tektonik dan vulkanik. Wisatawan yang berkunjung ke danau ini dapat melihat berbagai jenis ikan air tawar yang hidup di dalamnya. Danau ini menjadi lokasi favorit pengunjung khususnya anak-anak muda karena memiliki banyak spot menarik dan instagramable sehingga cocok untuk ber-selfie ria.

Danau Laut Tawar (Foto : Pemkab Aceh Tengah)

2. Danau Toba
Sulit disangkal bahwa Danau Toba adalah satu danau yang paling dikenal di Sumatera dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara karena memiliki banyak spot wisata yang memanjakan tamu yang datang. Danau Toba yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara mendapatkan predikat sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Dengan luas sebesar 1.130 km2 maka Danau Toba masuk dalam tujuh wilayah kabupaten di Provinsi Sumatera Utara.

Danau Toba (Foto : Pemprov Sumatera Utara)

3. Danau Singkarak
Danau Singkarak yang terletak di Provinsi Sumatera Barat memiliki keindahan pemandangan yang dapat menarik dan menjadi salah satu destinasi wisata yang favorit dikunjungi. Kepopulerannya bertambah saat pernah berlangsung satu event olahraga internasional yaitu kejuaraan balap sepeda dunia “Tour de Singkarak”. Danau ini memiliki alam dan perbukitan hijau yang sejuk dipandang mata.

Danau Singkarak (Foto : Pemprov Sumatera Barat)

4. Danau Kerinci
Danau Kerinci adalah salah satu danau vulkanik yang berlokasi di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi dengan luas 46 km2. Dengan keindahan pemandangan di sekelilingnya seperti sekumpulan burung belibis yang berkeliaran kesana kemari. Di lokasi ini pengunjung juga dapat melakukan aktivitas rekreasi air seperti memancing, berenang dan lainnya.

Danau Kerinci (Foto : Dinas PU)

5. Danau Ranau
Danau Ranau menduduki peringkat sebagai danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Danau Ranau terletak di antara 2 Provinsi yaitu Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi oleh setiap pengunjung, antara lain pemandian air panas Danau Ranau yang airnya bersumber dari mata air di kaki Gunung Seminung, wisata kuliner yang banyak terdapat di tepian danau dengan makanan khasnya adalah ikan bakar mujaer yang merupakan ikan endemic Danau Ranau.

Danau Ranau di Kabupaten OKU Selatan (Foto : Okuselatankab)

Suzan/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).