(Photo: Stephanie J/BD)

Asyik Bermain Dengan Binatang di Taman Safari Indonesia Cisarua

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Taman Safari Indonesia berlokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Taman Safari Indonesia ini bermula dibangun pada tahun 1980 dengan memanfaatkan perkebunan teh yang sudah tidak produktif lagi. Pada awalnya hanya dibangun di atas lahan seluas 50 ha. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 1986, Taman Safari Cisarua Bogor ini diresmikan sebagai taman konservasi. Tidak hanya sebagai taman konservasi, Taman Safari Cisarua juga ditetapkan sebagai destinasi wisata keluarga. Wisatawan bisa liburan sambil mengenal ragam satwa.

Keunikan tempat wisata ini dibandingkan kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjung bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari. Bahkan Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan tersebut. Keseruan menyaksikan berbagai jenis binatang dari dekat inilah yang menjadi daya tarik yang kuat bagi pengunjung Taman Safari.

(Photo: Stephanie J/BD)

Saat ini Taman Safari Bogor sudah berkembang luasnya mencapai 168 ha dan dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan rekreasi serta mengadakan safari malam pada saat akhir pekan dan libur panjang.

Setelah tutup selama beberapa bulan karena pandemi maka sejak bulan Juni Taman Safari Bogor sudah dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Salah satu langkah yang diterapkan adalah pembelian tiket masuk yang lebih diutamakan secara online atau menggunakan pembayaran non-tunai apabila membeli tiket secara langsung di loket. Setiap loket sudah dilengkapi dengan hand sanitizer untuk digunakan usai melakukan transaksi.

(Photo: Stephanie J/BD)

Harga tiket masuk Taman Safari Bogor pada hari biasa mulai dari Rp 185.000 per orang dewasa. Sedangkan pada akhir pekan harganya mulai dari Rp 220.000. Untuk anak-anak di bawah 5 tahun, harga tiket masuk pada hari biasa mulai dari Rp 160.000 dan pada akhir pekan mulai dari Rp 200.000. Dengan harga tersebut wisatawan bisa menikmati atraksi wisata Istana Panda, Safari Adventure, enam pameran, sembilan pertunjukan edukasi, dan beberapa wahana permainan lainnya.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.