Stadion Papua Bangkit (Foto: Pemprov Papua)

Venue Istora Papua Bangkit September 2020 Selesai Dibangun

(Beritadaerah – Infrastruktur) Pembangunan venue istana olahraga Papua bangkit untuk Pekan Olahraga Nasional tahun 2021 ini sudah mencapai 98% dan akan rampung pada akhir September dengan kapasitas 3674 kursi. Istora Papua Bangkit ini berhasil memecahkan 3 rekor Muri sekaligus. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus mengerjakan pembangunan Istora Papua Bangkit yang terletak di Kampung Harapan Sentani Timur Jayapura Papua.

Dengan luas 7.740 meter persegi, kini sudah mencapai 90% dan dipastikan akan selesai pada akhir september 2020. Papua Bangkit dengan kapasitas 3674 kursi dibangun dengan ornamen khas Papua yakni rumah Honai yang melambangkan kesatuan dan persatuan Papua juga menjadi venue terbesar di Indonesia, melebihi Istora Gelora Bung Karno. Beberapa material pembangunan didatangkan dari luar negeri seperti kursi penonton lapangan vinyl dan seperangkat lampu Istora. Papua Bangkit berhasil memecahkan Museum Rekor Indonesia untuk tiga kategori sekaligus.

Salah satunya adalah memiliki bentang terpanjang di Indonesia yaitu kurang lebih 90 meter. Didanai APBN senilai Rp 250 miliar, akan menjadi ruang perebutan medali menjadi pada beberapa cabang olahraga dalam Pekan Olahraga Nasional ke-20 yang akan digelar pada Oktober 2021 mendatang.

About Fadjar Dewanto

Editor in Chief Vibiz Media Network, Coordinating Partner of Business Advisory Vibiz Consulting.