Tol Cisumdawu (Foto: Kementerian PUPR)

Delapan Ruas Tol Baru Mulai Dibangun Akhir Tahun 2020

(Beritadaerah – Infrastrusktur) Pemerintah kembali membangun 8 ruas tol baru yang akan dimulai pada akhir tahun 2020. Kementerian yang akan melakukan pembangunan yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah bersiap membangun 8 ruas tol baru ini. Pembangunannya dimulai pada akhir tahun ini dan direncanakan selesai awal tahun depan (2021).

Investasi yang akan digelontorkan mencapai Rp 100 triliun, sementara total panjang tol mencapai 374 km. Tol baru tersebut akan menghubungkan kawasan-kawasan strategis dan pusat-pusat pertumbuhan di pulau Jawa dan Bali lima tahun kedepan, sesuai visi dari Presiden Joko Widodo tahun 2020 sampai dengan 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan ruas tol tersebut untuk menggairahkan investasi produktif. Kedelapan ruas tol baru itu yakni Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo (96,57 km), Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (60,1 km), Tol Kertajari-Cipali (3,6 km), Tol North-South Link Bandung (14,2 km), Harbour Road Tanjung Priok-Pluit (8,9 km), Tol Jogja-Bawen (75,83 km), Tol Gilimanuk-Mengwi (95,22 km) dan Tol Kediri-Kertosono (20,3 km).

About Fadjar Dewanto

Editor in Chief Vibiz Media Network, Coordinating Partner of Business Advisory Vibiz Consulting.