Kebon Raya Cibodas (Foto: Lenny S/ Kontributor BD)

Senang, Sehat, Segar, Kebon Raya Cibodas Dibuka Kembali

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kebon Raya Cibodas terletak di kawasan Puncak Bogor, didirikan pada tahun 1852 dengan nama Bergtuin te Tjibodas yang artinya Kebon Pegunungan Cibodas. Awalnya bertujuan untuk konservasi pohon-pohon yang bernilai ekonomi tinggi, namun kemudian dibuka untuk destinasi wisata bagi masyarakat umum.

Pemandangan alam berlatar gunung di Kebon Raya Cibodas (Foto: Elfi Manao/ Beritadaerah)

Karena letaknya di antara Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan ketinggian 1.425 meter di atas permukaan laut, Kebon Raya Cibodas memiliki landscape yang indah. Berlatar belakang gunung, serta ditanami berbagai macam tumbuhan, pohon-pohon yang rindang dan teduh membuat Kebon Raya Cibodas memiliki pemandangan yang indah dan alam yang asri. Bila ingin bersantai dengan keluarga sambil menikmati keindahan alam sangat cocok di Kebon Raya Cibodas.

Sungai nan jernih mengalir di tengah Kebon Raya Cibodas (Foto: Elfi Manao/ Beritadaerah)

Kebon Raya Cibodas sendiri baru saja dibuka untuk umum setelah tutup beberapa bulan karena pandemi Covid-19. Namun demikian tetap memperhatikan dengan disiplin protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Pengunjung yang masuk dibatasi tiap-tiap harinya, petugas menyiapkan alat pengukur suhu di pintu masuk, fasilitas cuci tangan disediakan di beberapa titik.

Pembelian tiket masuk pun dilayani secara online untuk mengurangi interaksi fisik, namun pembayaran non tunai tetap dilayani. Harga tiket masuk pada hari biasa per orang Rp. 16.500,-, untuk mobil Rp. 20.000 per mobil, Rp. 5.000 per sepeda.

 

Elfi Manao/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Elfi Manao

 

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center