Ilustrasi: Infografis acara Pahlawan Digital Kerja Sama KemenkopUKM dan SKP Putri Tanjung. (Sumber: SKP Putri Tanjung).

Pemerintah Siapkan 600 Ribu Talenta Digital Per Tahun

(Beritadaerah – Nasional) Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana mencetak sebanyak 600 ribu talenta digital per tahun. Tujuannya agar 15 tahun ke depan, Indonesia dapat memiliki 9 juta sumber daya manusia (SDM) yang menguasai ruang digital untuk berbagai kegiatan produktif.

“Sesuai arahan bapak Presiden, kita selama 15 tahun ke depan ini targetnya 9 juta orang yang punya talenta digital yang memadai. Artinya per tahun harus cetak 600 ribu talenta digital,” ungkap Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Muktiyo di Jakarta, Sabtu (12/9/2020).

Pihaknya kini tengah gencar melakukan berbagai pelatihan secara daring kepada masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dalam mencetak talenta digital. Peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari berbagai latar belakang tingkatan Pendidikan, mulai sarjana hingga tamatan sekolah menengah yang tertarik dengan dunia digital.

Pelatihan dengan pengajar yang kompeten dalam bidang digital ini secara rutin diselenggarakan. Tercatat, sudah puluhan ribu orang yang telah lulus dari berbagai pelatihan digital yang diberikan oleh Kominfo dalam beberapa bulan terakhir di masa pandemi COVID-19.

“Mempersiapkan SDM berkualitas dengan talenta digital menjadi penting dilakukan oleh pemerintah saat ini,” katanya.

Kementerian Kominfo saat ini telah menyelenggarakan gelombang II DTS Online Academy 2020 membuka pelatihan antara lain: Android Developer, iOS Developer, Augmented Reality, Associate Cloud Engineer, Digital Skills, Hypertext Markup Language (HTML), Cascading Style Sheets (CSS), dan Javascript.

Selain itu, program DTS 2020 juga menghadirkan Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Melalui Siberkreasi Online Class membuat tiga sub-program, yaitu Hangout Online, #BerkreasidiIGLive, dan School of Influencer.

Sebagai informasi, total beasiswa pelatihan yang diselenggarakan oleh Kemkominfo selama tahun 2020 ini mencapai 40 ribu peserta.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center