Sebelas Jembatan Ikonik Indonesia Dipamerkan Kementerian PUPR

(Beritadaerah – Jakarta) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Pameran dan Talkshow Jembatan Ikonik yang menghadirkan maket jembatan selama 5 hari dari tanggal 7 – 11 September 2020 di Gedung Auditorium Kantor Kementerian PUPR, Jakarta. Pameran ini sebagai upaya Kementerian PUPR untuk menyebarluaskan informasi dan mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda mengenai pembangunan jembatan. Pameran ini dibuka oleh Staf Ahli Bidang Keterpaduan Pembangunan Achmad Gani Ghazali Akman

Sebelas maket jembatan yang ditampilkan adalah Jembatan Youtefa di Papua; Jembatan Merah Putih di Maluku; Jembatan Bahteramas Teluk Kendari di Sultra; Jembatan Tumbang Samba, Jembatan Pulau Balang di Kalteng, Jembatan Sei Alalak di Banjarmasin, Kalsel; Jembatan Tano Ponggol di Samosir, Sumut; serta Jembatan Mangunsuko, Jembatan Turpogen, Jembatan Kali Kuto, dan Jembatan Kali Kenteng di Jawa Tengah.

Pameran ini telah menarik perhatian dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadalia dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso seusai acara Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol untuk Jalan Tol Solo – Yogyakarta – Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo, di Gedung Auditorium Kantor Kementerian PUPR, Rabu, (9/9).

Pada kesempatan tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian berkesempatan mendampingi Menkomarinves Luhut Binsar Panjaitan, Kepala BPKM Bahlil Lahadalia dan Ketua OJK Wimboh Santoso berkeliling melihat dari dekat sebelas maket jembatan ikonik yang ditampilkan.

Dalam kesempatan ini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, diselenggarakannya pameran jembatan ikonik di Indonesia untuk mengedukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda.

“Berbagai macam jembatan dipamerkan disini termasuk salah satunya Jembatan Tano Ponggol di KSPN Danau Toba. Pameran jembatan ikonik yang ditampilkan memiliki keunggulan, baik dari sisi teknologi yang digunakan ataupun dari sisi desain,” kata Menteri Basuki yang dikutip laman PU, Kamis (10/9).

Selama pameran, para pengunjung pameran juga dapat mengikuti Talkshow dengan tema-tema menarik terkait pembangunan jembatan di Indonesia dengan narasumber yang berpengalaman dan kompeten. Menyadari pameran diselenggaraan pada masa pandemi, peserta, narasumber dan pihak-pihak lain yang hadir dalam event tersebut wajib menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).