(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kota Malang yang terkenal sejuk ternyata memiliki banyak keunikan-keunikan lainnya yang dapat kita nikmati. Salah satunya yakni Kampung Wisata Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur.

Kampung Wisata Jodipan adalah kampung wisata pertama di Kota Malang berupa sederetan rumah warga di tepi Sungai Brantas yang menampilkan dinding dengan aneka warna yang menarik dan tidak monoton. Kampung Jodipan berada di tepi Sungai Brantas. Kampung Wisata Jodipan ini biasanya dijuluki Kampung Warna Warni.

Disini kita bisa melihat rumah-rumah yang dicat dengan warna-warni yang sangat mencolok dan begitu mempesona. Lebih dari 17 warna dapat ditemui di rumah-rumah tersebut.  Ada warna kuning, biru, pink, merah hijau dan warna lainnya. Semua bagian rumah dicat beragam mulai dari dinding, pagar dan atap rumah

Kampung Warna Warni terdapat di dua wilayah, yaitu Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Antara keduanya dihubungkan dengan jembatan kaca “Ngalam” Indonesia (Ngalam dibaca Malang). Jembatan mini berlantaikan kaca ini diresmikan penggunaannya oleh Walikota Malang Moch. Anton pada 9 Oktober 2017.

Genteng Rumah Berwarna Seragam (Foto: Handoko/ Kontributor Beritadaerah)

Banyak wisatawan yang menikmati keunikan kampung ini karena warna warninya yang menarik. Di Kampung Warna Warni Jodipan terdapat beberapa titik pengambilan foto yang menarik, diantaranya adalah :

1. Jembatan Embong Berantas
Saat berlokasi di jembatan ini, pengunjung dapat melihat keindahan kampung warni warni secara menyeluruh.

2. Dinding Warna Warni
Diantara deretan rumah-rumah di kampung ini, akan tampak dinding warna warni dengan beragam warna dan pola yang menghiasi dinding serta lantai.

3. Lorong Payung
Lokasi ini menjadi salah satu lokasi favorit pengunjung, karena dalam lorong tersebut terdapat banyak payung berwarna-warni dan bergantungan.

4. Lukisan 3 Dimensi
Terdapat beberapa lukisan 3 dimensi yang menarik seperti lukisan gorilla, ikan hiu, t-rex, dan lainnya. Lukisan 3 dimensi sangat menarik pengunjung untuk melihatnya.

5. Tangga Warna Warni
Kampung warna-warni ini bentuknya berbukit-bukit sehingga banyak dijumpai tangga. Tangga-tangga tersebut dihiasi dengan cat yang berwarna-warni sehingga terlihat indah dan menarik.

Deretan Rumah Warna Warni di Tepi Sungai Brantas (Foto: Handoko/ Kontributor Beritadaerah)

Menarik bukan, jika anda pergi ke Kota Malang jangan lupa untuk mengunjungi Kampung Warna Warni Jodipan.

Debbie Kusuma/Journalist/BD
Editor: Handi Fu
Foto: Handoko/Kontributor Beritadaerah

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts