(Beritadaerah – Nasional) Vibizmedia Network (group Beritadaerah) melalui Pemimpin Redaksi – Fadjar Ari Dewanto pada Rabu, 2 September 2020, berkesempatan melakukan wawancara secara virtual dengan Ketua Pusat Riset Rekayasa Molekul Hayati UNAIR, Prof. Ni Nyoman Tri Puspaningsih.

Topik yang diangkat tentu yang saat ini sedang marak dibicarakan di media yaitu terkait dengan proses penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Universitas Airlangga di Surabaya. Hal ini memang sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2016, para peneliti dari Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya bergerak wujudkan pengembangan kemandirian obat Covid-19 dalam negeri, dengan mempertimbangkan pola penyakit dan kebutuhan di Indonesia.

Dalam bincang bersama Prof. Ni Nyoman, dikatakan bahwa melalui Inpres tersebut, Prof. Ni Nyoman berharap adanya obat-obatan hasil inovasi karya anak bangsa. Sebagaimana diketahui, UNAIR yang telah memiliki tanggung jawab dan kontribusi yang besar selama pandemi, melalui para peneliti UNAIR diharapkan mampu secara progresif melakukan inovasi klinis.

Simak hasil wawancara ini yang mengupas sejauh mana para peneliti UNAIR bekerja bersama-sama melakukan berbagai penelitian baik mengenai virus COVID-19 yang berkembang di Indonesia, sekaligus pengembangan vaksin dan obat untuk penanganan Covid-19.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani