(Beritadaerah – Jakarta) Dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, pada hari Rabu (2/9), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, menyatakan akan fokus pada tiga program pengembangan dan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pada tahun anggaran 2021. Ketiga program tersebut meliputi program dukungan manajemen, program kepariwisataan dan ekonomi kreatif, dan program pendidikan dan pelatihan vokasi.

Menparekraf Wishnutama memaparkan ketiga program tersebut sebagai bagian Rancangan Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) Kemenparekraf/Baparekraf tahun 2021 dan sejumlah kegiatan dan program-program yang akan dilaksanakan untuk memulihkan pariwisata Indonesia kepada Komisi X DPR RI.

Diijabarkan oleh  Menparekraf Wishnutama  bahwa Kemenparekraf/Baparekraf  memperoleh persetujuan pagu indikatif untuk tahun 2021 sebesar Rp 4.907.148.382.000, dimana anggaran tersebut akan dialokasikan dalam kegiatan strategis tahun 2021.

“Pagu anggaran ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif serta memulihkan industri pariwisata yang terpuruk akibat pandemi COVID-19,” kata Wishnutama dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Jumat (4/9).

Wishnutama tambahkan meskipun dalam masa pandemi, pembangunan fasilitas pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, seperti pembangunan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) di Sulawesi Utara dan Jawa Tengah.

Sedangkan mengenai upaya membangkitkan kembali geliat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Wishnutama menuturkan pihaknya telah melakukan beberapa upaya nyata seperti misalnya empat pertunjukan seni yang telah dilaksanakan sejak Juli 2020.

Keempatnya adalah Drive in Concert ‘New Live Experience’ di Jakarta (29-30 Agustus 2020), Bali Revival 2020 di Ubud (16-17 Agustus 2020), Art Jog 2020 di Yogyakarta (8 Agustus-10 Oktober 2020), dan Prambanan Jazz Online di Prambanan (18 Juli 2020). Menurutnya, keempat acara ini mendapat respon positif dari masyarakat dan berbagai media baik nasional maupun internasional.

Selain itu, Wishnutama menyebutkan keempat acara ini juga upaya Kemenparekraf/Baparekraf untuk memberdayakan wisatawan nusantara agar tetap dapat berkunjung menikmati destinasi wisata dan menikmati hiburan berupa pertunjukan seni dan musik dengan penerapan protokol kesehatan.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts