Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu (Foto: Daniel Kosasih/ Kontributor Beritadaerah)

Menikmati Pesona Suasana Laut di Pulau Pramuka

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Pulau Pramuka adalah sebuah pulau wisata yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Seribu. Lokasinya di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan kelurahan Pulau Panggang. Mengapa disebut Pulau Pramuka? Asal usulnya adalah karena dahulu pulau ini dipakai untuk kegiatan kepramukaan, sebelum ada Bumi Perkemahan Cibubur di Jakarta, sekitar tahun 1950-an hingga 1970-an.

Biru dan jernihnya laut di Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu (Foto: Daniel Gavriel Kosasih/ Kontributor Beritadaerah) 2

Kini Pulau Pramuka menjadi sebuah destinasi wisata bagi warga kota Jakarta maupun dari kota-kota lain, yang memberikan pengalaman tak terlupakan, khususnya jika Anda suka akan keindahan laut.

Bagaimana Anda dapat pergi ke sana? Anda dapat berangkat dari dermaga Marina Ancol – Jakarta Utara dengan menggunakan speed-boat yang ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam, dengan terlebih dahulu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku saat ini di tempat wisata. Anda akan dicek suhu badan terlebih dahulu apakah anda benar-benar sehat untuk bisa menikmati wisata di pulau tersebut. Setelah tiba di Pulau Pramuka kembali suhu badan Anda dicek, setelah itu baru anda dapat melakukan wisata sesuai dengan keinginan anda.

Di sana Anda dapat menikmati birunya laut dengan air yang jernih, menikmati matahari yang terbit di waktu pagi dan tenggelamnya di waktu senja.

Dermaga speed-boat di Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu (Foto: Daniel Gavriel Kosasih/ Kontributor Beritadaerah) 4

Selain itu berbagai macam kegiatan wisata bisa anda temukan di wilayah Pulau Pramuka. Menikmati keindahan bawah laut, terumbu karang dan ikan-ikan yang indah dapat membuat anda lupa waktu, anda bisa snorkling, diving, bermain jet sky, memancing, bermain kano dan lainnya. Atau jika memang ingin, Anda bisa juga duduk-duduk di dekat dermaga sambil menikmati angin yang bertiup semilir.

Ada beragam tempat makan tersedia, mulai dari restoran, sampai rumah penduduk yang menjual masakannya. Anda dapat memesan makanan ikan bakar di Restoran Nusa atau nasi padang, atau bakso dari rumah penduduk setempat.

Restoran di Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu (Foto: Daniel Gavriel Kosasih/ Kontributor Beritadaerah)

Jika Anda gemar memancing, Anda dapat memancing ikan dan kemudian membakar dan memasaknya sendiri di villa tempat Anda menginap. Di sana ada beberapa tempat penginapan tersedia, tergantung lokasi dan harganya. Ada Seribu Resort, dengan tarif sebesar Rp 650.000 per malam, ada juga Delima Resort dengan tarif Rp 500.000 per malam. Untuk sampai ke lokasi penginapan disediakan service pengantaran bagasi yang unik dengan menggunakan gerobak dorong.

Petugas hotel mengangkat barang tamu pakai gerobak (Foto: Daniel Gavriel Kosasih/ Kontributor Beritadaerah)

Bagi Anda yang gemar wisata bahari dapat memanfaatkan liburan Anda di Pulau Pramuka ini. Selamat berlibur.

 

Belinda Kosasih/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Daniel Gavriel Kosasih

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center