(Beritadaerah – Industri Jasa) Pemerintah menargetkan dapat melakukan Swasembada garam pada tahun 2021 mendatang. Namun demikian langkah ini dinilai tidak akan mudah untuk terealisasi akibat kebutuhan akan komoditas tersebut yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sementara itu para pengamat menilai dengan banyaknya jumlah pulau tanah air membuat Indonesia berpotensi menjadi negara produsen garam jika dikelola dengan baik dan benar.

Langkah pertama untuk mewujudkan hal tersebut ialah lewat teknologi agar produksi garam nasional dapat semakin kompetitif di pasaran. Hingga saat ini pemerintah telah memberikan kuota impor garam sebesar 2,9 juta ton atau meningkat dari jumlah 2,6 juta ton pada tahun lalu. Tingginya impor garam karen kondisi industri garam yang masih belum mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Adapun upaya lain yang dapat dilakukan ialah dengan adanya tata kelola produksi seperti penyediaan gudang gudang di daerah sentra garam agar saat musim panen komoditas garam dapat disimpan dengan harga stabil guna meminimalisir dugaan kartel garam.

 

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts