Kawah Ijen (Foto : Pemkab Banyuwangi)

Lima Destinasi Wisata Favorit di Banyuwangi

(Beritadaerah – Banyuwangi) Kabupaten Banyuwangi telah menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan di Indonesia. Selain memiliki pesona alam yang indah dan eksostis, beberapa destinasi wisata di Banyuwangi telah menjadi lokasi favorit bagi wisatawan karena destinasi wisata tersebut memiliki spot foto yang instagramable dan kerap menghiasi media sosial.

Berikut ini lima (5) destinasi wisata favorit di Kabupaten Banyuwangi :

1. Kawah Ijen

Kawah Gunung Ijen merupakan gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.386 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Dilokasi ini ada fenomena gas yang keluar dari gunung belerang dan bercampur oksigen ini menampilkan bentuk layaknya lidah api berwarna biru. Inilah yang dikenal dengan Blue Fire. Fenomena gas ini hanya ada 2 di dunia yakni Islandia dan Indonesia.

Kawah Ijen (Foto : Pemkab Banyuwangi)

2. Pantai Boom

Pantai Boom Banyuwangi berlokasi di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi. Pantai ini dulunya merupakan pelabuhan. Saat ini aktivitas pelabuhan masih ada namun tidak terlalu ramai. Pasir di pantai ini berwarna hitam. Pemkab Banyuwangi membangun Landmark ikonik di area tersebut, salah satunya adalah jembatan lintas (causeway) berbentuk spiral. Jembatan ini terlihat begitu megah, dilengkapi dengan sorotan lampu disekitarnya. Lokasi ini menjadi tempat wisata favorit bagi kawula muda dan memiliki lokasi yang instagramable. Para pengunjung Pantai Boom Banyuwangi tidak akan di pungut biaya alias gratis.

Pantai Boom (Foto : Pemkab Banyuwangi)

3. Pantai Pulau Merah

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Pesanggaran. Pantai Pulau Merah dikenal karena sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut.

Pantai Pulau Merah (Foto : Pemkab Banyuwangi)

4. Air Terjun Jagir

Destinasi air terjun jagir menjadi lokasi favorit bagi wisatawan, karena lokasinya dekat dengan kota Banyuwangi. Lokasi air terjun jagir berada di Dusun Krajan, Kampung Anyar, Kecamatan Glagah. Di lokasi wisatawan dapat melihat pesona air terjun jagir dan menikmati udara yang sejuk serta pemandangan yang indah. Air terjun jagir memiliki 3 buah air terjun dalam satu lokasi. Dua air terjun bersebelahan dan satu air terjun lain berjarak 50 meter. Umumnya wisatawan mengenal air terjun jagir sebagai air terjun kembar, karena dari ketiga air terjun berada pada satu lokasi. Air terjun jagir ini juga menjadi salah satu spot foto favorit bagi wisatawan.

Air Terjun Jagir (Foto : Pemkab Banyuwangi)

5. Taman Nasional Baluran

Selain memiliki wisata pantai yang eksotis, Banyuwangi memiliki wisata alam yang indah yakni Taman Nasional Baluran. Kawasan wisata ini dijuluki dengan “Little Africa In Java’ dan wisatawan . Luas kawasan ini kurang lebih 25.000 ribu hektare. Di kawasan ini wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam konservasi dan hewan-hewan alam. Lokasi taman nasional ini berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Wilayah utama dari Taman Nasional Baluran adalah hamparan padang rumput yang amat luas. Luas Savana Baluran ini mencapai sepertiga dari luas keseluruhan taman nasional, yaitu 10.000 hektare. Savana Baluran ini adalah savana terluas yang dimiliki Pulau Jawa.

Taman Nasional Baluran (Foto : Pemkab Banyuwangi)

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).