(Beritadaerah – Kalimantan) Dalam kunjungan kerjanya beberapa hari di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyambangi beberapa pulau kecil terluar di kabupaten ini seperti Pulau Maratua dan Pulau Sambit. Kedua pulau ini bagian dari 111 pulau-pulau kecil terluar di Indonesia.

Dikutip laman KKP, Selasa (1/9), Menteri Edhy mengatakan kedatangannya ke Maratua sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga pulau-pulau kecil terluar. Ini juga bukti kehadiran negara untuk masyarakat sekitar pulau terluar di tanah air.

Menteri Edhy dijadwalkan melakukan rangkaian kegiatan antara lain, gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), pelepasan tukik bersama Yayasan Penyu Indonesia, serta melakukan penanaman mangrove dan tranplantasi terumbu karang di Pantai Green Nirvana Resort.

Menteri Edhy juga akan melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah, berdialog dengan pelaku usaha, serta memberikan bantuan permodalan untuk masyarakat Kecamatan Maratua. Selain Pulau Maratua, Menteri Edhy dan rombongan mengunjungi Pulau Bakungan dan Pulau Kakaban.

Pariwisata bahari menjadi sektor andalan penyumbang pendapatan Kabupaten Berau dan masyarakat di wilayah kecamatan Maratua. Salah satu yang menjadi daya tariknya adalah pemandangan alam bawah laut dan ubur-ubur endemik tak bersengat di Pulau Kakaban.

Sementara itu pengelola Green Nirvana Resort Ivandrian Gunawan, mengatakan pihaknya siap untuk bersinergi dengan masyarakat setempat bersama-sama membangun Pulau Maratua sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Pegelola resort juga menggandeng warga pulau direkrut untuk menjadi karyawan dan pemandu wisata (guide), terutama untuk olahraga selam (diving) dan snorkeling. Sedangkan logistik dari kebutuhan resort, pengelola membeli ikan dan bahan hasil lautnya juga dari warga.

Sebelum kunjungan kerjanya ke Kabupaten Berau, Menteri Edhy dan rombongan mengunjungi Ambon, Provinsi Maluku untuk melepas ekspor 2,2 ton ikan tuna ke Jepang dan mengunjungi Balai Perikanan Budidaya Laut.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts