Bukit Jabal Nur, yang Unik, Indah dan Mengesankan (Foto: Risby Kontributor Beritadaerah)

Bukit Jabal Nur, yang Unik, Indah dan Mengesankan

(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Bukit Jabal Nur adalah sebuat perbukitan yang terletak di Mantikulore, sebelah Timur kota Palu, Sulawesi Tengah. Lokasinya dapat ditempuh dengan kendaraan beroda empat, yang berjarak waktu sekitar 35 menit dari Palu Utara, 20 menit dari Palu Selatan dan 10 menit dari Palu Timur.

Bukit ini sangat digandrungi oleh warga kota Palu dan sekitarnya, dengan tujuan sekedar berwisata melihat pemadangan kota dari ketinggian bukit. Namun bagi Anda pecinta sejati Motor cross, Bukit Jabal Nur menjadi sangat istimewa karena medan-nya yang menarik dan masih bisa ditaklukkan.

Jalan setapak di Bukit Jabal Nur, di Palu, Sulawesi Tengah (Foto: Risby/ Kontributor Beritadaerah)

Hanya butuh sedikit ketrampilan bermotor, kehati-hatian dan sedikit kesabaran. Beberapa bagian medan bukit memang terdapat duri-duri kecil dari tumbuhan liar. Namun tak dapat dipungkiri, gejolak dan semangat untuk melihat panorama indah kota Palu dari atas, membuat pengunjung dengan senang menempuhnya. Pengalaman ini bisa jadi merupakan satu dari pengalaman manis yang Anda dalam hidup.

Indahnya Bukit Jabal Nur di Palu, Sulawesi Tengah(Foto: Risby/ Kontributor Beritadaerah)

Cakrawala nan indah berwarna biru dan putih terbuka lebar menyambut Anda ketika menginjakkan kaki di atas bukit. Angin semilir sejuk terbang bebas menyegarkan jiwa dan raga. Hamparan hijau-nya rumput dan pepohonan memberikan rasa tenang dan mewah bagi hati semua insan.

Kota Palu dari atas bukit terlihat sangat indah, tenang dan damai. Birunya langit menghampiri barisan pegunungan Gawalise dan laut Talise yang teduh. Rumah rumah penduduk bersebaran dengan pepohonan bagaikan diselubungi kabut tipis berwarna biru. Tak pernah bosan-bosannya memandang ke berbagai arah. Hanya satu kata yang patut diucapkan “Indah!”

Bukit, langit, dan awan di Bukit Jabal Nur, unik, indah dan mengesankan (Foto: Risby/ Kontributor Beritadaerah)

Rasanya selalu ingin berlama-lama diatas bukit. Apalagi kalau Anda beruntung menyaksikan saatnya Sang Surya turun ke peraduan-nya alias sunset. Hati ini penuh dengan rasa bahagia, senang dan damai ketika pulang dari Bukit Jabal Nur. Sejuta kenangan manis terekam dalam ingatan seumur hidup.

Foto: Risby/ Kontributor Beritadaerah

Simon Wagner/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About Emy Trimahanani

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center