(Beritadaerah – Jawa Timur) Jalan-jalan ke kota malang beberapa waktu yang lalu membuat penulis terkesan dengan indahnya Taman Tugu Kota Malang yang berada di dekat Balai Kota Malang, Jawa Timur. Taman ini terletak persis di depan Balai Kota Malang yang berlokasi di pusat kota, tepatnya di lingkaran atau bunderan jalan Tugu Malang.

Taman Tugu ini dihiasi dengan rumput hijau dan bunga-bunga yang indah serta pohon trembesi yang rindang. Juga dihiasi dengan sebuah kolam air yang di dalamnya terdapat ikan koki dan ikan-ikan kecil serta yang menarik perhatian saya adalah bunga teratai yang bermekaran dan indah yang memenuhi kolam ini.

Hamparan teratai di Taman Tugu Kota Malang (Foto: Elfi Manao/ Kontributor Beritadaerah)

Di tengah kolam air tersebut berdiri tegak sebuah monumen tugu yang megah. Di tepian kolam ini ada air mancur, yang memancarkan air di pagi dan malam hari. Selain untuk membantu sirkulasi air kolam, air mancur ini juga menambah keindahan Taman Tugu Kota Malang.

Taman ini ternyata mempunyai nilai sejarah. Dibangun pertama kali oleh Gubernur Hindia Belanda yang dipimpin oleh Jenderal Pieter Zoen Coen sebagai pelengkap halaman gedung Balai Kota Malang. Pada waktu itu bentuknya masih sederhana belum ada monumen tugunya.

Balai Kota Malang sendiri juga merupakan bangunan peninggalan pemerintah Belanda yang dibangun sejak tahun 1914. Gedung ini sempat mengalami kebakaran namun kemudian dibangun kembali tanpa mengubah arsitektur yang ada.

Elfi Manao/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani