(Beritadaerah – Ekonomi Bisnis) Ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM mengantri di depan kantor dinas koperasi dan usaha mikro Pemerintah Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Mereka berjuang demi mendapatkan bantuan sosial pemberian bantuan sosial produktif usaha mikro tidak diimbangi dengan kesadaran akan penerapan protokol kesehatan.

Pelaku UMKM yang berjubel dan antri depan kantor dinas koperasi dan usaha mikro Kabupaten Lumajang untuk menyerahkan syarat mendapatkan bantuan sosial sudah memakai masker namun mereka tetap berdesak-desakan satu sama lain dan tidak mengindahkan himbauan menjaga jarak yang memberikan himbauan kepada mereka, namun mereka tetap tidak memperdulikan.

Pelaku UMKM ini mengantri guna mendapatkan dana stimulus dari pemerintah pusat sebesar 2,4 juta Rp jumlah persyaratan administrasi untuk bisa diajukan ke pemerintah pusat. Saat ini sudah ada sekitar 2000 orang yang sudah mengajukan sebagai penerima dana tersebut ini tidak ada kuotanya sehingga tidak ada batasan bagi pelaku usaha mikro untuk mendaftar sebagai penerima bansos tersebut.

Antusias warga yang cukup tinggi untuk mendapatkan bantuan sosial seharusnya diimbangi dengan kesadaran disiplin menerapkan protokol kesehatan karena saat ini masih di tengah pandemi Covid-19.