(Photo: Kemenkeu)

Meningkatnya Peserta Olimpiade APBN 2020

(Beritadaerah – Nasional) Olimpiade Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini diikuti sekitar 3.324 tim di dari seluruh propinsi di Indonesia yang dibagi menjadi 4 region dan bahkan diikuti pula tim sekolah Indonesia di luar negeri, 4 tim dari Jeddah, 1 dari Madinah dan 1 dari Mekkah. Jumlah peserta ini cukup meningkat signifikan dibandingkan dengan peserta tahun lalu.

“Periode ini pasti nanti ditulis dalam sejarah yang akan dibaca oleh generasi mendatang tentang pandemi Covid-19 ini dan apa yang kita lakukan, pasti akan dibicarakan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, apa yang harus kita lakukan itu menjadi sesuatu yang sangat penting,” Wamen menyampaikannya dalam acara Bincang Santai Wakil Menteri Keuangan dengan peserta Olimpiade APBN 2020 dengan tema “Antara Aku, Kamu, Kita dan APBN” dalam rangkaian kegiatan Olimpiade APBN 2020 Kementerian Keuangan secara video conference pada hari Sabtu (29/08).

Wamenkeu sampaikan supaya peserta yang mengikuti Olimpiade ini untuk menggunakan kesempatan untuk memikirkan apa yang harusnya dilakukan di masa seperti saat ini karena apa yang dipikirkan sekarang bisa menjadi masukan saat ini dan idealnya mewarnai pemikiran-pemikiran ke depan.

“Pada suatu hari nanti, Anda yang akan memegang keputusan-keputusan yang harus dilakukan di Republik ini. Anggarannya seperti apa, pajaknya harusnya seperti apa, belanja yang betul itu harusnya bagaimana, kemudian uang yang harusnya kita transfer ke Pemerintah Daerah itu harusnya berapa banyak terus kemudian kebijakan kita mengenai utang ke depan harusnya seperti apa,” demikian disampaikan Wamenkeu.

Wamenkeu tambahkan juga bahwa momen ini dapat menjadi kesempatan bagi peserta untuk ikut mewarnai perumusan kebijakan dan sebagai alat untuk berpikir kritis, alat untuk menyampaikan pendapat dan alat untuk mengubah Indonesia menjadi lebih baik, sebab apa yang peserta sampaikan pada perlombaan nantinya, akan direspon oleh juri, panitia dan tentunya bisa sampai kepada pengambil kebijakan Menteri Keuangan, Wakil Menteri Keuangan maupun kepada para Eselon 1.

Pesan Wamenkeu pada peserta Olimpiade APBN 2020 adalah pertama, belajar dan lulus. Kedua jaga kesehatan ketiga beli produk Indonesia. Dia tambahkan bahwa dengan membeli barang buatan Indonesia maka akan ada produsen yang memproduksi barang Indonesia sehingga kegiatan ekonomi bisa digulirkan sendiri tanpa perlu mengandalkan dari luar negeri untuk membeli barang Indonesia, tetapi 260 juta lebih penduduk Indonesia saling membeli barang yang diproduksi sendiri.

“Ini yang disebut dengan multiplier effect dari kegiatan ekonomi lokal. Pemerintah akan men-support dengan mengurangi pembayaran pajak dengan memberikan cash transfer. Namun kita harus punya mindset untuk membeli dan bangga dengan buatan Indonesia”, wamenkeu berikan penjelasan.

About Endah Caratri

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.