Akhir September 2020, Rest Area Pertama di Jalan Tol Sumatera Utara Beroperasi

(Beritadaerah – Sumatera) Keberadaan rest area menjadi bagian dari standar pelayanan jalan tol yang sangat penting dalam mendukung aspek keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol. Rest area atau tempat beristirahat sejenak untuk melepaskan kelelahan, kejenuhan, ataupun ke toilet selama dalam perjalanan jarak jauh sangat dibutuhkan bagi para pengguna jalan tol.

Untuk itu PT. Jasa Marga (Persero) Tbk., melalui PT Jasamarga Related Business (JMRB) menargetkan pembangunan rest area  Km 65A dan 65B yang berada di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi selesai pada akhir September 2020. Dengan selesainya pembangunan kedua rest area tersebut maka rest area ini akan menjadi yang pertama di Jalan Tol Sumatera Utara.

Pembangunan  rest area  Km 65A dan 65B dilakukan secara bersamaan. Hingga tanggal 26 Agustus 2020, progres pembangunan rest area  Km 65A telah mencapai 91,6 %, sedangkan rest area  Km 65B mencapai 90,4 %, demikian yang dikatakan oleh GM Teknik dan Pengendalian Proyek PT JMRB Dyah Ekawati Suryani.

“Saat ini sudah tidak ada pekerjaan konstruksi yang sifatnya major atau terkait struktur. Beberapa pekerjaan yang tersisa adalah pekerjaan finishing ,” kata Dyah yang dikutip laman BUMN, Jumat (29/8).

Pembangunan rest area  Km 65A dan Km 65B  Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, masing-masing dibangun di lahan seluas 4 hektare. Kedua rest area ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, antara lain pujasera, mini market, sarana ibadah, dan toilet gratis. Masing-masing rest area memiliki lahan parkir berkapasitas 100 kendaraan kecil dan 30 kendaraan besar.

Selain itu, rest area  Km 65A dan Km 65B  Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi juga dilengkapi dengan area komersial yang berisi beragam outlet dengan mengedepankan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ada 60 outlet UMKM yang tersedia di rest area KM 65A dan 40 outlet UMKM di rest area KM 65B.

Hadirnya rest area Km 65A dan Km 65B  Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Jasa Marga kepada pengguna jalan serta sebagai upaya pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).  Rest area ini juga dapat membuka lahan kerja baru yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About Fu Handi

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).