(Beritadaerah – Yogyakarta) Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Jumat (28/8), meresmikan Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA). Disampaikan oleh Presiden Jokowi saat peresmian bahwa YIA merupakan bandar udara terbaik di Indonesia dengan pengerjaan dan desain interior yang bagus.

Pembangunan Bandar Internasional Yogyakarta telah selesai 100 persen dan dikerjakan sangat cepat hanya selama 20 bulan, cepat sekali. Terima kasih kepada PT. Angkasa Pura I dan PT PP yang telah mengerjakan dengan baik dan membuat YIA menjadi bandara terbaik di Indonesia saat ini, ujar Presiden Jokowi.

“Kita tahu saat ini kita masih dalam pandemi sehingga kalau belum ramai saya maklum. Tapi begitu sudah mulai ada vaksin saya yakin bandara ini akan menjadi bandara paling ramai”, kata Presiden Jokowi yang dikutip laman Dephub, Jumat (28/8).

Presiden juga menyampaikan bahwa di bandara lama hanya untuk pesawat yang narrow body, sedangkan YIA bisa didarati airbus A380 dan Boeing 777 karena runway-nya 3.250 meter. Sedangkan luas terminal yang lama 17.000 meter persegi (m²), sedangkan YIA 219.000 m², berarti 13-14 kali lipat dari bandara lama.

Selesai meresmikan Bandara YIA, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerja ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk menyerahkan Banpres Produktif Usaha Mikro di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan dengan telah diresmikannya Bandara Internasional Yogyakarta diharapkan dapat membantu menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19.

Kawasan wisata Candi Borobudur merupakan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Sehingga konektivitas antarmoda dari Bandara YIA menuju candi Borobudur harus ditingkatkan dengan memperhatikan dan mengutamakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus COVID-19 dan menciptakan masyarakat yang aman dan produktif.

Guna mendukung konektivitas masyarakat ke Bandara YIA, telah disediakan angkutan intermoda yakni Damri. Keberadaan Damri dapat menjadi alternatif pilihan moda transportasi yang bisa dipilih masyarakat. Ada 4 trayek Damri yang menuju Bandara YIA yakni Hartono Mall – YIA, Sleman City Hall – YIA, Borubudur – YIA (via Nanggulan), dan Borobudur – YIA (via Gunung Gajah).

Turut serta bersama dengan Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Yogyakarta antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts