(Beritadaerah – Jakarta) Dalam penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Adira Finance dalam penyelenggaraan “Festival Kreatif Lokal 2020″, Kamis (27/8), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan pandemi yang sedang melanda dunia memiliki dampak yang negatif terhadap banyak sektor tidak terkecuali ekonomi kreatif dan UMKM. Untuk itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap penyelenggaraan kegiatan “Adira Finance Festival Kreatif Lokal 2020” dapat meningkatkan kapasitas sekaligus eksposur terhadap para pelaku UMKM di sektor ekonomi kreatif.

Festival Kreatif Lokal 2020 merupakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance yang bertemakan “Bangkit Bersama Sahabat” yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021. Program ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

“Sejalan dengan arahan presiden, kita perlu galakkan kemandirian kita sebagai sebuah bangsa. Dengan itu, kita bisa gerakkan kembali roda ekonomi yang terganggu akibat pandemi, bahkan kita harus bisa bajak pandemi ini agar sebisa mungkin untuk membuat kemajuan atau lompatan agar Indonesia jauh lebih baik,” kata Menparekraf Wishnutama dalam siaran persnya kepada Beritadaerah.co.id, Kamis (27/8).

Menparekraf Wishnutama mengatakan, pada situasi saat ini sangat penting untuk menjaga optimisme sekaligus mempersiapkan untuk memasuki era post vaksin. Ia meyakini setelah nanti vaksin telah diproduksi dan didistribusi, sektor parekraf akan melesat kembali bahkan lebih baik dari sebelumnya.

Ditambahkan oleh Menparekraf Wishntama bahwa Festival Kreatif Lokal diharapkan tidak sekadar program CSR, namun dapat diyakini untuk mendorong para pelaku kreatif melakukan inovasi dan kreativitas sehingga mampu meningkatkan taraf hidup serta memberdayakan para pelaku ekonomi kreatif untuk melalui pandemi ini.

Festival Kreatif Lokal 2020 meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal. Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja baik dan memberdayakan masyarakat sekitarnya melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya. Ajang ini berupaya mencari 18 pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Selain modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, para pemenang akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online di Bukalapak, serta eksposur di media mengenai produk dan usaha mereka. Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite bit.ly/festivalkreatiflokal.

Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award diadakan pada November 2020 bertepatan dengan HUT Adira Finance ke-30. Pada penghujung Festival Kreatif Lokal 2020, akan diadakan Konser Kreatif Lokal pada Januari 2021, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori, serta Konser Amal artis ternama untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terdampak pandemi.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts