(Beritadaerah – Nasional) Menteri perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa ekspor manufaktur pada bulan Juli 2020 Lalu naik hingga 15 persen. Agus menjelaskan hal ini lantaran kebijakan Presiden Joko Widodo yang mengecualikan agar industri manufaktur tetap dapat beroperasi pada saat masa pandemic.

Menteri perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan saat negara lain melakukan lock down sehingga industri manufaktur mereka tidak berjalan namun Indonesia masih bisa menjalankan industri. Karena itulah pada saat ketidakpastian ekonomi saat pandemi Indonesia berhasil menaikkan nilai ekspor

Agus Gumiwang menyatakan, kalau di dibandingkan dengan ekspor di sektor lain, sekitar 60% dari industri manufaktur. Satu-satunya yang enggak pernah ditutup selama pandemi. Walaupun ketika mereka melakukan operasional dari proses produksinya dilakukan dengan saat ketat sesuai protokol kesehatan. Apresiasi datang dari banyak pihat atas prestasi kerja daripada Kemenperin ini dan berharap bahwa Agus Gumiwang tetap menekankan kepada industri manufaktur yang berjalan harus mematuhi protokol kesehatan covid 19.