(Beritadaerah – Aceh) Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung meresmikan tol pertama di Tanah Rencong yakni Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Sigli – Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) sepanjang 14 kilometer, pada Selasa (25/8) di Gerbang Tol Blang Bintang, Jalan Blang Bintang-Krueng Raya, Teupin Batee, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Hadir bersama Presiden Jokowi dalam peresmian jalan tol ini yakni KSP Moeldoko, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Plt Gubernur Provinsi Aceh Nova Iriansyah, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa meski sedang berada dalam situasi pandemi COVID-19, namun pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas karena posisi infrastruktur di Indonesia yang masih cukup tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain.

“Ketertinggalan infrastruktur ini berdampak pada biaya logistik yang menjadi lebih mahal, sehingga menyebabkan daya saing kita tidak baik kalau dikompetisikan dengan negara tetangga,” kata Presiden Jokowi yang dikutip laman BUMN, Selasa (25/8).

Lebih lanjut Presiden Jokowi menyatakan bahwa pembangunan infrastruktur menjadi salah satu strategi yang memberikan daya ungkit bagi Pemulihan Ekonomi Nasional. Saat ini kita menyambungkan Aceh sampai ke Lampung yang memiliki panjang 2765 km, dan diharapkan akan mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Sumatra. Kemudian juga meningkatkan efisiensi waktu tempuh menjadi 53 jam sepanjang koridor pembangunan ini. Lalu yang paling penting adalah keberadaan jalan tol ini dapat meningkatkan multiplier effect 2 sampai 3 kali setelah selesai di 2024, serta menyerap tenaga kerja hingga 296 ribu lapangan kerja secara langsung untuk 18 ruas yang ada.

Diharapkan oleh Presiden Jokowi, bahwa Aceh akan kembali menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Sumatra dan tetap melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah agar juga ikut merasakan kue ekonomi dari infrastruktur yang dibangun.

Pada kesempatan ini, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto menyampaikan bahwa diresmikannya ruas Tol Sigli – Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap perekonomian Provinsi Aceh karena alur distribusi barang dan kendaraan kini dapat dijangkau dengan mudah melalui keberadaan Tol Sigli – Banda Aceh seksi 4.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts