(Beritadaerah – Nasional) Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera terus dilakukan oleh pemerintah, jalan tol sepanjang 2.818 km ini nantinya akan menghubungkan Bakauheni (Provinsi Lampung) sampai Banda Aceh (Provinsi Aceh). PT Hutama Karya (Persero) yang menjadi owner Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Sigli – Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) sepanjang 13,5 km saat ini telah menyelesaikan pembangunan konstruksinya. Pembangunan tol pertama di sisi barat Indonesia yang terbilang cukup pesat ini akan segera diresmikan oleh Presiden  Joko Widodo (Jokowi). Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) telah selesai pembangunan konstruksinya, demikian yang disampaikan oleh Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

“Konstruksi telah rampung dan sudah terbit Surat Keputusan Menteri PUPR tentang Penetapan dan Pengoperasian tol ini. Artinya tol sudah melalui tahapan-tahapan untuk pengoperasian dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi dalam waktu dekat,” ujar Budi yang dikutip laman BUMN, Senin (24/8).

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa Tol Sigli-Banda Aceh merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dimana melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan layanan infrastruktur jalan dan jembatan, baik jalan tol maupun jalan nasional untuk mendukung jalur logistik dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Dalam pembangunannya, Hutama Karya selaku owner JTTS ruas Sigli-Banda Aceh berkolaborasi dengan PT Adhi Karya (Persero), Tbk. (Adhi Karya), selaku kontraktor. Tol Sigli – Banda Aceh terdiri dari 6 (enam) seksi yaitu seksi 1 Padang Tiji – Seulimum (24,3 km), seksi 2 Seulimum – Jantho (7,6 km), seksi 3 Jantho – Indrapuri (16 km), seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang (13,5 km), seksi 5 Blang Bintang – Kuta Baro (7,7 km) dan seksi 6 Kuto Baro – Baitussalam (5 km).

Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang) merupakan jalan bebas hambatan pertama yang hadir bagi masyarakat Aceh. Tol ini memiliki 2 (dua) interchange atau Simpang Susun (SS) yakni Simpang Susun Indrapuri dan Simpang Susun Blang Bintang.

Budi tambahkan dengan rampungnya seksi 4 ini, diharapkan mampu meningkatkan konektivitas dari Banda Aceh ke Sigli, pun sebaliknya dari Sigli-Indrapuri ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Sementara itu pengamat transportasi dari Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Banda Aceh  Prof. Sofyan M. Saleh menyampaikan bahwa kehadiran Tol Sigli – Banda Aceh akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Aceh. Jika terhubung semua, maka keberadaan jalan tol ini mempercepat waktu tempuh dan mempermudah akses menuju tempat-tempat strategis di Aceh.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu